“Luminous Underworld” Komposisi Musik Program Naratif Berdasarkan Kisah Mitologi Hades dan Persephone dengan Menggunakan Leitmotif dan Voice Over

Arya Pamungkas, Ravi (2024) “Luminous Underworld” Komposisi Musik Program Naratif Berdasarkan Kisah Mitologi Hades dan Persephone dengan Menggunakan Leitmotif dan Voice Over. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
RAVI ARYA PAMUNGKAS_2024_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
RAVI ARYA PAMUNGKAS_2024_BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
RAVI ARYA PAMUNGKAS_2024_BAB V.pdf

Download (142kB)
[img] Video
RAVI ARYA PAMUNGKAS_2024_KARYA.mp4
Restricted to Repository staff only

Download (41MB) | Request a copy
[img] Text
RAVI ARYA PAMUNGKAS_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB) | Request a copy
Official URL: https://www.youtube.com/watch?v=fy3HqSO1eXg

Abstract

Kisah Hades dan Persephone merupakan salah satu kisah mitologi Yunani yang terkenal karena menunjukan kisah yang tragis. Dalam mitologi Yunani, Hades adalah dewa dunia bawah yang jatuh cinta pada Persephone putri dari dewi Demeter Hades jatuh cinta kepada Persephone dan menculiknya ke dunia bawah. Kisah mereka menjadi dasar bagi berbagai karya seni, termasuk musik program, yang menggambarkan konflik, tragedi, dan keindahan dalam kisah cinta yang tragis ini. Musik program merupakan karya musik yang memuat makna lain selain aspek musikal. Karya ini memiliki 6 movement yang menceritakan alur dari kisah ini. Dalam pembuatan musik program ini, penulis menggunakan teknik leitmotif terhadap karakter Hades dan Persephone dalam beberapa movement nya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis penerapan leitmotif, Voice Over dan sound effect dalam musik program berjudul “Luminous Underworld”. Kesimpulannya leitmotif dan implementasi Voice Over juga sound effect terhadap karya “Luminous Underworld” adalah dua hal yang saling berkaitan untuk memperjelas dari alur kisah yang dibawakan kedalam musik program. Leitmotif yang merupakan pengulangan tema dapat mengidentifikasikan karakter, Voice Over yang merupakan narasi dapat membantu mengarahkan pendengar dan sound effect dapat memperjelas suasana dalam kisah ini. Ketiganya dapat bekerja sama secara harmonis untuk memberikan pengalaman imersif dan menarik kepada pendengarnya. Ketiga hal ini juga dapat mempermudah komposer yang ingin membuat musik program dari kisah apapun yang akan di alih mediakan menjadi musik program.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Arya Pamungkas, Ravinim20101900133
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorPramuditya, Puputnidn0003118907
ContributorSusanto, Hadinidn0003116108
Department: KODEPRODI91222#PENCIPTAAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: Luminous Underworld, Musik Program, Hades dan Persephone, Leitmotif, Voice Over.
Subjects: Musik > Komposisi Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Ravi Arya Pamungkas
Date Deposited: 29 Jul 2024 07:02
Last Modified: 29 Jul 2024 07:40
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16776

Actions (login required)

View Item View Item