Implementasi Metode Addie dalam Pengembangan Motion Cergam Sahabat Pancasila "Layangan Bersama" Sebagai Media Edukasi Sila Ketiga Pancasila pada Anak Usia Sekolah Dasar

Putri Azaria, Amadea (2024) Implementasi Metode Addie dalam Pengembangan Motion Cergam Sahabat Pancasila "Layangan Bersama" Sebagai Media Edukasi Sila Ketiga Pancasila pada Anak Usia Sekolah Dasar. Diploma thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Amadea Putri Azaria_2024_Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy
[img] Text
Amadea Putri Azaria_2024_Bab I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Amadea Putri Azaria_2024_Bab Penutup.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Amadea Putri Azaria_2024_Form Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB) | Request a copy
Official URL: https://youtu.be/oj4r0qQ_zfc?si=a9AA5XhW-iWmdZ1E

Abstract

Pancasila merupakan dasar negara serta pedoman hidup bagi masyarakat Indonesia, sebagai warga negara tentunya nilai-nilai Pancasila harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Sila ketiga merupakan sila yang berbunyi, “Persatuan Indonesia”, sayangnya di masa kini semakin banyak masyarakat Indonesia yang tidak lagi mengamalkan sila tersebut. Sehingga banyak timbul perpecahan dan pertengkaran bahkan dikalangan anak-anak usia dini, yang didasari karena hilangnya makna dan penerapan nilai tersebut. Tentunya agar menjadi generasi yang tetap mengamalkan nilai-nilai Pancasila, maka anak usia dini harus mulai diberi edukasi tentang penerapan sila ketiga di kehidupan sehari-hari. Edukasi ini tidak bisa hanya diberikan secara teoritis atau hapalan, namun harus dengan contoh penerapannya dan menggunakan media yang dekat dan ramah dengan anak. Anak-anak cukup menyukai media Animasi dan buku Cergam. Cergam sendiri disukai oleh anak�anak karena terdapat banyak ilustrasi gambar yang menarik didalam bukunya, animasi sendiri memiliki karakter yang bergerak sehingga anak suka menontonnya. Dalam penelitian ini dilakukan pengembangan terhadap gabungan dari kedua media tersebut, sehingga terciptalah “Motion Cergam” yang merupakan gabungan animasi Motion Grafik dengan Cergam. Penelitian ini mengimplementasikan model ADDIE dengan melalui lima tahapan, analyze, design, development, implementation dan evaluation. Cerita pada Motion Cergam ini menggunakan tema bermain permainan tradisional sebagai perantara untuk menyampaikan penerapan sila ketiga, sehingga anak-anak dapat lebih relatable dengan kehidupannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Putri Azaria, Amadeanim2000329033
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorGandang Gunanto, Samuelnidn0016108001
ContributorIndah Kurnia Dewi, Nurianidn0023078811
Department: KODEPRODI90345#ANIMASI
Uncontrolled Keywords: pancasila, media edukasi, motion grafik, ADDIE
Subjects: Televisi > Animasi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi D3/D4 Animasi
Depositing User: Amadea Putri Azaria
Date Deposited: 31 Jul 2024 04:18
Last Modified: 31 Jul 2024 04:18
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16935

Actions (login required)

View Item View Item