Frendy Satria, P (2024) Refleksi Bereavement Melalui Timbre Saluang Dalam Karya "MAIMBAU". Masters thesis, Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Frendy Satria P_2024_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
Frendy Satria P_2024_BAB I.pdf Download (7MB) |
|
Text
Frendy Satria P_2024_BAB PENUTUP.pdf Download (2MB) |
|
Text
Frendy Satria P_2024_LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
Frendy Satria P_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
|
Video
KARYA TUGAS AKHIR PASCASARJANA MUSIK NUSANTARA - MAIMBAU.mp4 Restricted to Repository staff only Download (386MB) | Request a copy |
|
Image
maxresdefault.jpg?sqp=-oaymwEmCIAKENAF8quKqQMa8AEB-AH-CYAC0AWKAgwIABABGGUgZShlMA8=&rs=AOn4CLDB581hcQSWvV5yAWo4Oj058tOOvQ Restricted to Repository staff only Download (73kB) | Request a copy |
|
Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found Download (0B) |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh pengalaman bunyi saluang darek yang menyebabkan terjadinya recall memori kepada orang yang sudah meninggal. Berawal dari pengalaman bunyi tersebut seringkali memunculkan respons emosi bereavement berupa kesedihan yang dapat membawa seseorang kembali kepada kenangan buruk maupun kenangan indah pada masa lalu. Pengalaman ini menstimulus penulis untuk menelusuri lebih jauh korelasi dari bunyi saluang terhadap kondisi bereavement serta bagaimana menerapkannya ke dalam komposisi musik melalui pengolahan timbrenya. Pengolahan timbre yang dilakukan pada saluang darek menghadirkan sensasi bunyi berbeda dari bunyi saluang pada umumnya. Tujuan dari penelitian ini selain menemukan korelasi antara timbre saluang dan bereavement, sensasi bunyi yang dihasilkan dalam penciptaan musiknya dapat memberikan pengalaman mendengar dan berpotensi memberikan dukungan emosional kepada individu untuk mengatasi kesedihan dalam konteks bereavement. Metode kerja kreatif ini menggunakan Practice-Led Research (PLR) dengan teknik pengumpulan data melalui penelusuran dokumentasi, wawancara dan observasi. Pada tahapan proses penciptaan yang dilakukan menghasilkan interaksi gelombang bunyi yang didapatkan melalui material bunyi saluang darek. Pengolahan sumber bunyi yang diterapkan ke dalam struktur komposisi dibagi menjadi tiga bagian dengan dua penekanan timbre yaitu interaksi gelombang menggunakan fundamental tone saluang dan interaksi preferensi pemain dalam memainkan saluang melalui empat material bunyi saluang darek.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI002005#S2SENI | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Timbre, saluang darek, bereavement, dan gelombang suara | ||||||
Subjects: | Penciptaan dan pengkajian seni | ||||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni | ||||||
Depositing User: | Frendy Satria P | ||||||
Date Deposited: | 05 Aug 2024 02:52 | ||||||
Last Modified: | 05 Aug 2024 02:52 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17568 |
Actions (login required)
View Item |