Irawanto, Fida (2008) Fantasi Serangga Dalam Penciptaan Karya Seni Patung. Skripsi thesis, Insitut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (24MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam berkesenian seorang seniman dipengaruhi oleh lingkungan sekitar dan dari pengalaman-pengalaman yang ditemui serta dilihatnya menjadikan seorang kreator yang kreatif didalam menciptakan sebuah karya seni. Dengan kemajuan zaman modern sekarang ini 'banyak bermunculan karya-karya hebat tercipta khususnya bidang teknologi dan indutri yang memudahkan seniman didalam menuangkan ide, gagasan dan fantasinya dengan Iebih bebas untuk diwujudkan didalam berkaryanya.Salah satunya material dari hasil industri yang banyak digunakan oleh seniman sedangkan dari hasil teknologi elektronik seperti televisi yang banyak bermunculan tokoh-tokoh kepahlawanan yang menggambarkan kekualan, keberanian, kehebatan, dan kesemanga(an. Sementara itu tokoh pahlawan sering diambil dari karakter serangga yang diangkat menjadi film bahkan diwujudkan dalam karya tiga dinlensional dengan bentuk action figure yang bermaeammacam karakter yang menggambarkan sesosok pahlawan yang banyak disukai anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa. Ilal tersebut yang membuat penulis ingin menuangkan ide, gagasan dan fantasinya dalam bentuk karya patung mengapa meniilih serangga sebagai obyeknya karena menurut penulis serangga memiliki bcnluk khas dan unik serta wama yang bemacam-macam serta banyak terdapat di sekitar kila yang sering kita temui bila kita melihat dan mengatnati dengan seksama mereka itu sangat menarik. Dimana daltun karya ini mencoba mengenang kembali masa anak-anak yang sering mengidolakan jagoannya, yang sekarang ini banyak sekali bermunculan tokoh-tokoh jagoan karena itu karya ini mencoba untuk menghadirkan sesuatu yang baru khususnya karya seni patung yang berupa action figure serangga serta memberikan tanggapan baru tentang karya-karya seni patung untuk memberikan sessuatu yang beda, dan memberikan tanggapan yang baru terhadap masyarakat bahwa perkembangan seni patung sekarang ini mengalami kemajuan baik secara kebentukan maupun tema-tema yang diangkat,Seiring dengan kecakapan, penguasaan tehnik, kekuatan emosi dan cita rasa seni yang dimiliki menghasilkan berbagai bentuk kreatifitas dari seorang kreator dengan bahasa visual yang diharapkan dapat memberikan anggapan yang baru dan tidak monoton, Didalam karya tugas akhir ini penulis menggunaka beberapa tehnik yang dimaksudkan menjangkau bentuk visual yang diharapkan namun dalam hal ini karya yang ditampilkan tersebul masih ada kekurangan akan tetapi dalam karya yang ditampilkan semua itu memberikan sqiumlah manfaat. Untuk itu penulis terus belqjar, berlatih dan mendalami tehnik cetak dalam seni patung pada kesempatan mcndatang agar lebih baik Iagi, dengan banyaknya kekurangan dalam tugas akhir ini diharapkan mampu memenuhi persyaratan dalam menyelesaikan studi seni rupa murni serta dapat menambah khasanah dalam seni patung khususnya bentuk actionfigure.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90201#SENI RUPA MURNI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | seni patung, fantasi serangga, lingkungan | |||||||||
Subjects: | Seni Murni > Seni Patung | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Seni Murni > Seni Patung | |||||||||
Depositing User: | sri SE endarti | |||||||||
Date Deposited: | 12 Aug 2024 06:28 | |||||||||
Last Modified: | 19 Aug 2024 01:27 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17739 |
Actions (login required)
View Item |