Anjarwarih, Nilo (2007) Komparasi Antara Subjek Asli Dan Non Asli Yogya Terhadap Pengenalan Identitas Daerah Dan Karakter Lobby Berornamen Tradisional Pada Hotel Berbintang Di Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (11MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (68MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifika sikan dan menemukan perbedaan yang signifikan antara subjek asli dan non asli Yogya dalam memberikan persepsi tentang pengenalan identitas daerah setempat melalui karakter lobby hotel berornamen tradisional pada hotel berbintang di Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah metode komparas i. Lokasi penelitian meliputi daerah di kawasan Yogyakarta. Responden dibagi dalam 3 kelompok , terdiri dari 100 responden asli Yogya, 50 responden non asli Yogya lokal dan 50 responden mancanegara . Metode analisisnya dengan menggunakan metode analisis Anova. Hasil penelitian yang aidapat yaitu bahwa pada umumnya antara subjek asli dan non asli Yogya lokal cenderung memiliki persepsi yang tidak berbeda dalam pen genalann ya terhadap identitas daerah dan karakter lobby berornamen tradisional pada hotel berbintang di Yogyakarta. Hal ini berbeda hasi lnya j ika dibandin gkan dengan persepsi subjek mancanegara. Berarti antara subjek mancanegara dengan subjek asli dan non asli Yogya terdapat perbedaan yang signifikan. Faktor latar belakang subjek yaitu asal daerah menjadi faktor yang berpengaruh terhadap pengenalan identitas dan karakter lobby berornamen tradisional tersebut. Subjek asli dan non asli Yogya cenderung mengenali identitas daerah Yogya dengan melihat keragaman ornamen yang ditempatkan pada lobby berornamen. Sedang subjek mancanegara lebih melihat pada lingku ngan lobby berornamen yang memiliki keterikatan dengan lingkungan dan budaya asal nya. Hasil penelitian menunjukkan , lobby hotel Jayakarta memiliki identitas daerah dan karakter berornamen tradisional tertinggi menurut subjek secara umum sedang lobby Hyatt menurut subjek mancanegara adalah juga memiliki identitas daerah tertinggi . Maka dari hal ini dapat disimpulkan bahwa untuk memperkenalkan identitas dan karakter ornamen tradi sional pada suatu lobby hotel salah satu caranya adalah dengan menciptakan lingkungan lobby yang dapat memberikan keterikatan pada subjek sehingga subjek lebih mudah untuk mengenalinya .
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90221#DESAIN INTERIOR | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Komparasi, Subjek Asli Dan Non Asli Yogya, Pengenalan Identitas Daerah Dan Karakter, Lobby Berornamen Tradisional, Hotel Berbintang Di Yogyakarta | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Interior | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Interior | |||||||||
Depositing User: | susilo SW wati | |||||||||
Date Deposited: | 26 Aug 2024 03:01 | |||||||||
Last Modified: | 26 Aug 2024 09:03 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/18647 |
Actions (login required)
View Item |