Egidianovi Najoan, Rakhel (2025) Visualisasi Ornamen Pepatran Bali dalam Busana Semi Couture. Diploma thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
RAKHEL EGIDIANOVI NAJOAN_2025_BAB V.pdf Download (455kB) |
![]() |
Video
RAKHEL EGIDIANOVI NAJOAN_2025_KARYA.mp4 Restricted to Registered users only Download (50MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAKHEL EGIDIANOVI NAJOAN_2025_FORM PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAKHEL EGIDIANOVI NAJOAN_2025_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAKHEL EGIDIANOVI NAJOAN_2025_BAB I.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pepatran merupakan ornamen khas Bali yang bersumber ide dari flora dan fauna. Salah satunya merupakan ornamen patra punggel. Patra punggel adalah ornamen Bali yang sering diterapkan untuk dekorasi. Ornamen ini memiliki bentuk yang khas seperti liking paku (daun pakis) yang melengkung, kuping guling (telinga babi guling), ampas nangka (bagian yang membungkus daging nangka), batun poh (biji mangga), util (bagian ujung dari daun pakis muda), kepitan (pelepah yang terdapat pada kuncup tanaman), dan jengger siap (jengger ayam) yang menjadi ciri khas dari ornamen ini. Melambangkan keseimbangan dan keeleganan, patra punggel sering digunakan dalam seni hias Bali. Ornamen ini akan diadaptasi lalu diterapkan ke dalam desain busana semi couture dalam motif batik sebagai bentuk dari pelestarian nilai budaya lokal sekaligus menciptakan sebuah inovasi baru dalam dunia fashion. Metode pendekatan yang digunakan adalah teori estetika menurut A.A.M Djelantik, teori ergonomi menurut Goet Poespo, dan teori ornamen menurut Alois Riegl. Selain itu, menggunakan 10 tahapan dari Tjok Istri Ratna Cora Sudharsana sebagai metode penciptaan pada karya ini. Proses pembuatan karya ini menggunakan teknik batik tulis dan cracking dengan pewarnaan tekstil colet dan celup remasol. Langkah-langkah yang dilakukan selama proses pembuatan karya ini merupakan pembuatan pola, penjiplak motif, pencantingan, pewarnaan, finishing batik, pemotongan kain, menjahit, finishing akhir, dan menghias. Karya yang dihasilkan dalam penciptaan Tugas Akhir ini berupa lima karya busana semi couture yang pengerjaannya dilakukan secara manual hingga akhir. Tugas Akhir ini menghasilkan karya-karya busana yang akan menampilkan hasil dari visualisasi ornamen pepatran dalam motif batik ke dalam busana semi couture.
Item Type: | Thesis (Diploma) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90331#DESAIN MODE KRIYA BATIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | pepatran, batik, semi couture | |||||||||
Subjects: | Kriya > Batik dan fashion | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Kriya > D3/D4 Batik dan Fashion | |||||||||
Depositing User: | Rakhel Egidianovi Najoan | |||||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2025 03:37 | |||||||||
Last Modified: | 03 Feb 2025 03:37 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19265 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |