Edukasi Masyarakat Tentang Bahaya Keluar Pada Waktu Maghrib Melalui Media Hyper Casual Game Model Endless Runner

Gummara Mahendra, Muhammad (2025) Edukasi Masyarakat Tentang Bahaya Keluar Pada Waktu Maghrib Melalui Media Hyper Casual Game Model Endless Runner. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Muhammad Gummara Mahendra_2024_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Muhammad Gummara Mahendra_2024_BAB 1.pdf

Download (806kB)
[img] Text
Muhammad Gummara Mahendra_2024_BAB PENUTUP.pdf

Download (266kB)
[img] Text
Muhammad Gummara Mahendra_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB) | Request a copy
[img] Video
Vidio trailer Maghrib Run.mp4
Restricted to Repository staff only

Download (85MB) | Request a copy
Official URL: https://youtu.be/4xOr4FzZ8XI

Abstract

Mitos bahaya keluar pada waktu maghrib sebagai sebuah edukasi pada masyarakat yang beredar secara lisan menyatakan bahwa adanya hantu kolong wewe yang mengejar anak kecil di waktu maghrib, yang mana pada waktu tersebut risiko kecelakaan meningkat akibat kondisi visibilitas yang kurang. Maka dari itu, masyarakat dulu menciptakan cerita-cerita mitologi untuk menakuti anak- anak supaya tidak berani untuk keluar pada waktu maghrib dan dapat mengurangi risiko tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi pustaka. Metode ini melibatkan proses mencari, mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mensintesis literatur yang relevan dengan topik penelitian dari berbagai sumber online. Selain itu metode ini dipilih karena mudahnya akses ke berbagai sumber literatur dari mana dan kapan saja, proses pencarian dan pengumpulan informasi bisa dilakukan dengan cepat, serta banyak sumber online yang tersedia secara gratis. Hasil penelitian menghadirkan cara lain yang lebih interaktif dan menyenangkan yaitu dengan media game dan tetap memunculkan unsur-unsur mitologi seperti kolong wewe yang sedang mengejar anak kecil pada waktu maghrib. dengan cara ini, masyarakat khususnya anak-anak remaja dapat teredukasi tentang mitos tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Gummara Mahendra, Muhammadnim2200007234
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorGandang Gunanto, Samuelnidn0016108001
ContributorAndito, Tegarnidn0018058708
Department: KODEPRODI90354#ANIMASI
Uncontrolled Keywords: Game, Mitos, Endless Runner
Subjects: Televisi > Animasi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi D3/D4 Animasi
Depositing User: Muhammad Gummara Mahendra
Date Deposited: 05 Feb 2025 01:48
Last Modified: 05 Feb 2025 01:48
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19370

Actions (login required)

View Item View Item