Strategi Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tari KethЀk OglЀng di Sanggar Condro Wanoro Nawangan Pacitan

Aditya Pradana, Ricky (2025) Strategi Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tari KethЀk OglЀng di Sanggar Condro Wanoro Nawangan Pacitan. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
RICKY ADITYA PRADANA_2024_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
RICKY ADITYA PRADANA_2024_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RICKY ADITYA PRADANA_2024_BAB V.pdf

Download (863kB)
[img] Text
RICKY ADITYA PRADANA_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian berjudul Strategi Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tari Kethѐk Oglѐng di Sanggar Condro Wanoro Nawangan Pacitan . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Strategi Problem Based Learning dalam pembelajaran dengan metode ceramah, demonstrasi, penugasan, dan unjuk karya untuk mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Tari Kethѐk Oglѐng merupakan tarian khas Pacitan yang diajarkan sebagai upaya pelestarian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan objek yaitu pembelajaran di Sanggar Condro Wanoro. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dan wawancara. Obyek peneltian ini adalah Strategi Problem Based Learning Tari Kethѐk Oglѐng di Sanggar Condro Wanoro Nawangan Pacitan sedangkan subjek dari penelitian ini adalah ketua sanggar, pendidik, peserta didik, orang tua Sanggar Condro Wanoro. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Problem Based Learning dalam pembelajaran Tari Kethѐk Oglѐng, selama pembelajaran berlangsung peserta didik aktif dan kreatif sehingga hasil belajar berupa pementasan dapat dilaksanakan secara optimal. Pendidik secara langsung menerapkan strategi Problem Based Learning dalam proses pembelajaran yang diakhiri dengan unjuk karya dalam bentuk pementasan. Metode Problem Based Learning didukung dengan metode demonstrasi, ceramah, dan penugasan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Problem Based Learning sangat efektif diterapkan dalam pembelajaran Tari Kethѐk Oglѐng di Sanggar Condro Wanoro Nawangan Pacitan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Aditya Pradana, Rickynim1910240017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSarjiwo, Sarjiwonidn0016096109
ContributorIndrawati, Antonianidn0027016306
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKANSENIPERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Kethѐk Oglѐng, Sanggar Condro Wanoro.
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Ricky Aditya Pradana
Date Deposited: 27 Feb 2025 01:11
Last Modified: 27 Feb 2025 01:34
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19624

Actions (login required)

View Item View Item