Rizki Triandra, Muhammad (2025) Efektivitas Model Game Based Learning Dengan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Materi Ragam Lagu Dan Musik Mancanegara Di SMPN 1 Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Muhammad Rizki Triandra_2025_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Muhammad Rizki Triandra_2025_BAB I.pdf Download (945kB) |
![]() |
Text
Muhammad Rizki Triandra_2025_PENUTUP.pdf Download (340kB) |
![]() |
Text
Muhammad Rizki Triandra_2025_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Muhammad Rizki Triandra_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Game Based Learning dengan media permainan Monopoli terhadap hasil belajar materi Ragam Lagu dan Musik Mancanegara (Asia Tenggara) di SMPN 1 Yogyakarta. Monopoli dalam model Game Based Learning merupakan permainan yang dialihfungsikan sebagai media pembelajaran dengan mengubah isi dan aturan permainan ke dalam bentuk-bentuk materi pembelajaran. Penerapan model pembelajaran ini dilakukan untuk mengatasi masalah keseriusan belajar peserta didik yang dapat berdampak terhadap hasil belajar kelas VIII di SMPN 1 Yogyakarta. Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan menggunakan desain Quasi Experimental dengan bentuk Non-Equivalent Control Group. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes dan observasi. Tes berupa soal pilihan ganda (multiple choice) dan menjodohkan (matching) digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol dan eksperimen. Lembar observasi digunakan untuk mendeskripsikan treatment (perlakuan) yang dilakukan ketika pembelajaran berlangsung. Instrumen tes melewati uji coba dengan menguji validitas, reliabilitas, kesukaran, dan daya pembeda soal. Responden berjumlah 60 pada dua kelas, 30 peserta didik di kelas VIII F sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Game Based Learning dengan media permainan Monopoli dan 30 peserta didik di kelas VIII H sebagai kelas kontrol tanpa adanya perlakuan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. Analisis uji hipotesis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial melalui uji independent sample t test dan N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (Ha) diterima, Melalui hasil uji independent sampel t test dengan nilai sig 0,011 < 0,05, terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar posttest antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Game Based Learning dengan media permainan Monopoli. Selain itu, efektivitas perlakuan model Game Based Learning dengan media Monopoli melalui uji N-Gain pada kelompok eksperimen sebesar 70,1 % termasuk dalam kategori cukup efektif dan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction sebesar 13,6% termasuk dalam kategori tidak efektif. Peningkatan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen mengalami kenaikan sebesar 45,20% Sementara, pada kelas kontrol mengalami kenaikan sebesar 15,33%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Seni, Game Based Learning, Permainan Monopoli, Hasil Belajar | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | MUHAMMAD RIZKI TRIANDRA | |||||||||
Date Deposited: | 23 Jun 2025 04:52 | |||||||||
Last Modified: | 23 Jun 2025 04:52 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19900 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |