Efektivitas Model Game Based Learning Dengan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Materi Ragam Lagu Dan Musik Mancanegara Di SMPN 1 Yogyakarta

Rizki Triandra, Muhammad (2025) Efektivitas Model Game Based Learning Dengan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Materi Ragam Lagu Dan Musik Mancanegara Di SMPN 1 Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Muhammad Rizki Triandra_2025_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
Muhammad Rizki Triandra_2025_BAB I.pdf

Download (945kB)
[img] Text
Muhammad Rizki Triandra_2025_PENUTUP.pdf

Download (340kB)
[img] Text
Muhammad Rizki Triandra_2025_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
Muhammad Rizki Triandra_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Game Based Learning dengan media permainan Monopoli terhadap hasil belajar materi Ragam Lagu dan Musik Mancanegara (Asia Tenggara) di SMPN 1 Yogyakarta. Monopoli dalam model Game Based Learning merupakan permainan yang dialihfungsikan sebagai media pembelajaran dengan mengubah isi dan aturan permainan ke dalam bentuk-bentuk materi pembelajaran. Penerapan model pembelajaran ini dilakukan untuk mengatasi masalah keseriusan belajar peserta didik yang dapat berdampak terhadap hasil belajar kelas VIII di SMPN 1 Yogyakarta. Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan menggunakan desain Quasi Experimental dengan bentuk Non-Equivalent Control Group. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes dan observasi. Tes berupa soal pilihan ganda (multiple choice) dan menjodohkan (matching) digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol dan eksperimen. Lembar observasi digunakan untuk mendeskripsikan treatment (perlakuan) yang dilakukan ketika pembelajaran berlangsung. Instrumen tes melewati uji coba dengan menguji validitas, reliabilitas, kesukaran, dan daya pembeda soal. Responden berjumlah 60 pada dua kelas, 30 peserta didik di kelas VIII F sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Game Based Learning dengan media permainan Monopoli dan 30 peserta didik di kelas VIII H sebagai kelas kontrol tanpa adanya perlakuan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. Analisis uji hipotesis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial melalui uji independent sample t test dan N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (Ha) diterima, Melalui hasil uji independent sampel t test dengan nilai sig 0,011 < 0,05, terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar posttest antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Game Based Learning dengan media permainan Monopoli. Selain itu, efektivitas perlakuan model Game Based Learning dengan media Monopoli melalui uji N-Gain pada kelompok eksperimen sebesar 70,1 % termasuk dalam kategori cukup efektif dan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction sebesar 13,6% termasuk dalam kategori tidak efektif. Peningkatan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen mengalami kenaikan sebesar 45,20% Sementara, pada kelas kontrol mengalami kenaikan sebesar 15,33%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Rizki Triandra, Muhammadnim2110308017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorPermata Heldisari, Hananidn0029059003
ContributorArif Anandhita, Nurnidn0015109107
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Seni, Game Based Learning, Permainan Monopoli, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: MUHAMMAD RIZKI TRIANDRA
Date Deposited: 23 Jun 2025 04:52
Last Modified: 23 Jun 2025 04:52
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19900

Actions (login required)

View Item View Item