Strategi Pembelajaran Ekspositori Bagi Anak Tunanetra Dalam Materi Gong Kebyar Pada Ekstrakurikuler Tabuh Di SLB Negeri 1 Denpasar

Aditya Arta Pratama, I Made (2025) Strategi Pembelajaran Ekspositori Bagi Anak Tunanetra Dalam Materi Gong Kebyar Pada Ekstrakurikuler Tabuh Di SLB Negeri 1 Denpasar. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
I Made Aditya Arta Pratama_2025_BAB 1.pdf.pdf

Download (689kB)
[img] Text
I Made Aditya Arta Pratama_2025_BAB PENUTUP.pdf

Download (197kB)
[img] Text
I Made Aditya Arta Pratama_2025_LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
I Made Aditya Arta Pratama_2025_FULL TEKS.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
I Made Aditya Arta Pratama_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Pembelajaran ekstrakurikuler Tabuh di SLB Negeri 1 Denpasar dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran sesuai dengan cara belajar peserta didik. Penerapan strategi pembelajaran yang digunakan pada kegiatan ekstrakurikuler Tabuh memberikan pembelajaran yang baik dan optimal kepada peserta didik berkebutuhan khusus (tunanetra). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan strategi pembelajaran ekspositori yang diterapkan pada kegiatan ekstrakurikuler Tabuh dengan materi Gong Kebyar di SLB Negeri 1 Denpasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini adalah guru pembimbing ekstrakurikuler Tabuh, peserta didik, dan orang tua peserta didik. Objek penelitian ini adalah penggunaan strategi pembelajaran ekspositori pada ekstrakurikuler Tabuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yaitu guru pembimbing ekstrakurikuler Tabuh, peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler Tabuh dan orang tua peserta didik. Teknik validasi yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan metode. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran ekstrakurikuler Tabuh di SLB Negeri 1 Denpasar menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, dengan langkah-langkah, yaitu persiapan, penyajian, menghubungkan, menyimpulkan, dan mengaplikasian. Adapun penggunaan strategi pembelajaran ekspositori memiliki kelebihan yaitu guru dapat mengetahui pemahaman siswa terhadap materi, guru dapat memberikan materi dengan waktu luas namun dengan waktu yang terbatas. Kekurangannya yaitu peserta didik tidak dapat mengeksplorasi materi karena guru memberikan materi yang sudah jadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Aditya Arta Pratama, I Madenim2110336017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorDjatmiko, Gandungnidn0004116108
ContributorOctavianingrum, Dillanidn0008109103
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKANSENIPERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran ekspositori, ekstrakurikuler, Gong Kebyar, anak dengan berkebutuhan khusus tunanetra.
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: I Made Aditya Arta Pratama
Date Deposited: 23 Jun 2025 03:42
Last Modified: 23 Jun 2025 03:42
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19911

Actions (login required)

View Item View Item