Adaptasi Teknik Cello Keroncong Dalam Permainan Bass Elektrik Pada Lagu "Take Five"

Yafit Sugandhi, Alfarel (2025) Adaptasi Teknik Cello Keroncong Dalam Permainan Bass Elektrik Pada Lagu "Take Five". Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Alfarel Yafit Sugandhi_2025_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
Alfarel Yafit Sugandhi_2025_BAB1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Alfarel Yafit Sugandhi_2025_KESIMPULAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Alfarel Yafit Sugandhi_2025_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Alfarel Yafit Sugandhi_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf

Download (129kB)
[img]
Preview
Video
hqdefault.jpg

Download (1kB) | Preview
[img] Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found

Download (0B)
Official URL: https://www.youtube.com/channel/UCAKFr9UwdxrQYDRTi...

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah bagaimana cara mengadaptasi teknik cello keroncong pada permainan bass elektrik pada lagu “‘Take Five’” karya Paul Desmond yang memiliki birama tidak biasa yaitu 5/4. Tujuan penilitian ini adalah untuk mengkaji proses adaptasi pola ritme cello keroncong ke dalam permainan bass elektrik pada lagu jazz berjudul ‘‘Take Five’’ karya Paul Desmond. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, diskografi, wawancara, dan eksperimen adaptasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola ritme cello keroncong seperti irama engkel, dobel, dan petikan dapat diadaptasikan ke dalam permainan bass elektrik dengan pendekatan teknik muting, ghost note, dan slap yang disesuaikan dengan phrasing ritmis. Adaptasi ini menghasilkan warna musikal baru yang memperkaya interpretasi lagu tanpa menghilangkan ciri khas dari masing-masing genre. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan teknik permainan bass elektrik yang lebih variatif serta membuka peluang integrasi antara musik tradisional dan modern, khususnya dalam konteks jazz kontemporer

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Yafit Sugandhi, Alfarelnim19001910134
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorPrasetyo, Raden Agoengnidn0031106202
ContributorMulyadi Cahyoraharjo, Hendrikusnidn0021016907
Department: KODEPRODI91321#PENYAJIANMUSIK
Uncontrolled Keywords: _______Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (Online). https://kbbi.web.id/akulturasi. Diakses pada tanggal 15 Oktober 2024. B.J, B. (1979). Mengenal Keroncong Dari Dekat. Jakarta. Bacon, T., & Moorhouse, B. (1995). The Bass Book : A Complete Illustrated History of Bass Guitars. Backbeat Books. Cahyoraharjo, H. M. (2021). Analisis Struktural dan Gaya Musikal Penyajian Keroncong Kidung Cinderamata pada Pekan Seni Mahasiswa Nasional. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan Vol 22, No 1 , 58-67. Deva, D. (2000). Musical Transculturation and Acculturation. Emiliani, M. (2024, Juli 22). All You Need to Know About Muting on Bass Guitar. Retrieved from Smart Bass Guitar: https://smartbassguitar.com/muting-bass-guitar/ Friedland, E. (1996). Hal Leonard Bass Method Book 1 - Electric Bass Instruction for Beginners | 2nd Edition | Songs, Riffs and Techniques | Sheet Music and Practice Guide. Milwaukee: Hal Leonard Corp. Handayani, N. M. (2017). PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN KENDANG. digilib isi, 10. Harmunah. (1996). Keroncong Sejarah dan Perkembangan. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi. Manik, W. S., & Yusuf, M. (2017). Teknik Penyajian Lagu "‘Take Five’" Karya Paul Desmond Yang Dimainkan Oleh Dave Brubeck Quarted Dan Howie Case. Jurnal Musikologi Penciptaan Dan Pengkajian vol.1 No.3. Program Studi Seni Musik, Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas HKBP Nomensen Medan. Mintargo, W. (2017). Akulturasi Budaya Dalam Musik Keroncong di Indonesia. Nuansa Journal of Arts and Design, 10-22. Nugraha, D. K., Pristiati, T., & Gusanti, Y. (2025). Pola Teknik Permainan Alat Musik Cello Lagu Suling Bambu Oleh Grup Musik Keroncong Maheswara Di Kota Kediri. Journal of Language, Literature, and Arts, 108-122. Ryand, G. P., & Haryono, S. (2012). IMPROVISASI PERMAINAN CELLO PADA PERMAINAN IRAMA JENIS LANGGAM JAWA GRUP ORKES KERONCONG HARMONI SEMARANG. Jurnal Seni Musik, 68-76. Sudarno. (2017). Penggunaan Instrumen Cello Dalam Langgam Jawa. Selonding, 1862-1878. Suwannakit, S. (2014). The Overview Treatment of Odd Meters in The History of Jazz. RMJ. Vol 9 No.1, 29-38. Tasxhodjayev, B. (2023). History and Development of Jazz Music. INTERNATIONAL JOURNAL ON ECONOMICS, FINANCE, 131-135. Washburne, C. (2002). Latin Jazz : The Other Jazz. Current Musicology., nos. 71-73 (Spring 2001-Spring 2002), 409-426.
Subjects: Musik > Penyajian musik (musik pertunjukan dan pop-jazz)
Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Alfarel Yafit Sugandhi
Date Deposited: 24 Jun 2025 01:35
Last Modified: 24 Jun 2025 01:35
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20123

Actions (login required)

View Item View Item