Angelina Dowa, Maria (2025) Strategi Pembelajaran Langsung Pada Ekstrakurikuler Paduan Suara di SMP Negeri 4 Sewon. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
PERNYATAAN-PERSETUJUAN-PUBLIKASI MANDIRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
![]() |
Text
MARIA ANGELINA DOWA_2025_FULLL TEXSS.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
MARIA ANGELINA DOWA_2025_BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
MARIA ANGELINA DOWA_2025_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) | Request a copy |
![]() |
Text
MARIA ANGELINA DOWA_2025_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Strategi pembelajaran adalah suatu rangkaian pembelajaran yang harus dikerjakan guru agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan efisien. Strategi pembelajaran yang digunakan pada kegiatan ekstrakurikuler paduan suara di SMP Negeri 4 Sewon adalah strategi pembelajaran langsung, tidak langsung, dan strategi pembelajaran inquiry dengan menggunakan metode demonstrasi, imitasi dan drill. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Objek penelitian adalah strategi pembelajaran dalam kegiatan ekstrakurikuler paduan suara, dengan subjek penelitian guru ekstrakurikuler dan siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran pada ekstrakurikuler paduan suara di SMP Negeri 4 Sewon menggunakan metode demonstrasi, imitasi dan drill secara terstruktur dan efektif. Metode tersebut dipadukan dengan strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran tidak langsung, dan inquiry untuk meningkatkan keterampilan vokal serta kreativitas peserta didik. Dampak penerapan strategi tersebut adalah peningkatan kemampuan bernyanyi, pembentukan karakter percaya diri, kreatif, dan mandiri, serta motivasi peserta didik aktif dalam kegiatan paduan suara. Guru berperan sebagai fasilitator yang menciptakan ruang belajar mandiri dan kolaboratif, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Kegiatan ini tidak hanya mengembangkan keterampilan bermusik, tetapi juga membangun rasa percaya diri dan profesionalisme peserta didik dalam berbagai kesempatan tampil. Dengan jadwal latihan rutin dan materi lagu yang relevan, ekstrakurikuler ini memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan bakat dan karakter siswa di sekolah. Kata Kunci: strategi pembelajaran, ekstrakurikuler, paduan suara
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209# PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran, ekstrakurikuler, paduan suara | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | Maria Angelina Dowa | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2025 02:47 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jun 2025 06:38 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20249 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |