Ocha Viona, Rachel (2025) Implementasi Concept Song Bilangan Dalam Perkembangan Kognitif Anak di TK BOPKRI Gondolayu. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Rachel Ocha Viona_2025_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Rachel Ocha Viona_2025_BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Rachel Ocha Viona_2025_BAB PENUTUP.pdf Download (402kB) |
![]() |
Text
Rachel Ocha Viona_2025_LAMPIRAN 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Rachel Ocha Viona_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) | Request a copy |
Abstract
Pengenalan konsep bilangan sejak usia dini merupakan aspek penting dalam mendukung perkembangan kognitif anak, khususnya dalam berpikir simbolik. Namun, masih ditemukan kesulitan dalam menyampaikan konsep abstrak seperti bilangan secara efektif kepada anak. Untuk itu, diperlukan media pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan karakteristik anak. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah concept song, yaitu lagu anak yang liriknya dimodifikasi menjadi materi pembelajaran bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi concept song dalam pengenalan bilangan 11-20 dan menganalisis dampaknya terhadap perkembangan kognitif anak usia dini, khususnya aspek berpikir simbolik. Metode yang digunakan adalah kualitatif studi kasus dengan subjek penelitian 13 peserta didik kelas B di TK BOPKRI Gondolayu, Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi concept song dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik secara auditori, visual, dan motorik. Peserta didik menunjukkan peningkatan kemampuan dalam mengenali, menyebutkan, dan menghubungkan simbol angka dengan kuantitas benda konkret. Meskipun demikian, masih ditemukan beberapa kesalahan dalam pengenalan urutan angka dan representasi jumlah, serta hambatan teknis seperti nada lagu yang terlalu tinggi dan tempo iringan yang kurang sesuai. Kesimpulannya, penggunaan concept song berdampak positif dalam menstimulasi perkembangan berpikir simbolik anak, meskipun perlu penyesuaian musikal agar media lebih optimal dalam mendukung kegiatan belajar anak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | 187121#PENDIDIKANMUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Concept Song, Bilangan, Kognitif Anak | |||||||||
Subjects: | Seni Musik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | Rachel Ocha Viona | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2025 03:10 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jun 2025 03:10 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20278 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |