Efektivitas Pendekatan Stimulus respons Dalam Meningkatkan kemampuan Membaca Notasi Musik Pada Anggota Genus Da Choir

Maria Dellin Vitaria, Stefani (2025) Efektivitas Pendekatan Stimulus respons Dalam Meningkatkan kemampuan Membaca Notasi Musik Pada Anggota Genus Da Choir. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
STEFANI MARIA DELLIN VITARIA_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text
Stefani Maria Dellin Vitaria_2025_BAB V.pdf

Download (553kB)
[img] Text
Stefani Maria Dellin Vitaria_2025_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (893kB) | Request a copy
[img] Text
Stefani Maria Dellin Vitaria_2025_BAB I.pdf

Download (998kB)
[img] Text
Stefani Maria Dellin Vitaria_2025_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (884kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif pendekatan stimulus respons dalam meningkatkan kemampuan membaca notasi musik. Objek penelitian adalah anggota Genus Da Choir (GDC), dengan jumlah sampel sebanyak 8 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pemilihan 8 orang ini didasarkan pada hasil pretest awal yang menunjukkan bahwa mereka belum mampu membaca notasi musik dengan baik, bahkan untuk satu birama sederhana pun masih mengalami kesulitan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan satu variabel bebas yaitu pendekatan stimulus respons dan satu variabel terikat yaitu kemampuan membaca notasi musik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes soal yang mencakup empat indikator, yaitu ketepatan nada, interval, ritme, serta kelancaran dan tempo. Instrumen tes telah melalui uji validitas dan reliabilitas untuk memastikan kelayakan alat ukur. Analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji hipotesis Wilcoxon Signed Rank Test, dengan bantuan software SPSS versi 27, karena data tidak berdistribusi normal. Hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,011 (p < 0,05), yang menandakan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Dengan demikian, pendekatan stimulus respons terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca notasi musik pada anggota GDC.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Maria Dellin Vitaria, Stefaninim21102830132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorTio Parahita Nainggolan, Oriananidn0025058303
ContributorLituhayu, Iwangnuptk0261766667130333
Department: KODEPRODI187121#PENDIDIKANMUSIK
Uncontrolled Keywords: Stimulus repons, notasi angka, paduan suara
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Stefani Maria Dellin Vitaria
Date Deposited: 24 Jun 2025 15:40
Last Modified: 24 Jun 2025 15:40
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20697

Actions (login required)

View Item View Item