Memperkuat Tiga Dimensi Karakter Tokoh Utama Dengan Menggunakan Mekap Karakter Pada Film “Hajar!!!”

Restian Martadianti, Tammy (2025) Memperkuat Tiga Dimensi Karakter Tokoh Utama Dengan Menggunakan Mekap Karakter Pada Film “Hajar!!!”. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
TAMMY RESTIAN MARTADIANTI_2025_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
TAMMY RESTIAN MARTADIANTI_2025_BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
TAMMY RESTIAN MARTADIANTI_2025_BAB 5.pdf

Download (797kB)
[img] Text
TAMMY RESTIAN MARTADIANTI_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (TAMMY RESTIAN MARTADIANTI_2025_LAMPIRAN ORIGINAL)
view_usp=sharing - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (46kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac

Abstract

Film fiksi HAJAR!!! mengeksplorasi penggunaan mekap karakter dan prostetik sebagai strategi visual untuk membangun karakterisasi tokoh utama melalui pendekatan tiga dimensi karakter: fisiologis, sosiologis, dan psikologis. Unsur-unsur visual seperti luka keloid, tato, dan efek darah digunakan untuk memperkuat latar belakang tokoh, mempertegas kondisi emosional, serta memperjelas status sosial dalam alur cerita. Mekap karakter tidak sekadar estetika, tetapi menyatu dengan dramaturgi sebagai media naratif. Penelitian ini menganalisis bagaimana elemen mekap karakter, seperti luka keloid, tato, dan prostetik, digunakan untuk memperkuat tiga dimensi karakter Siti Hajar secara visual dalam narasi film. Desain mekap disusun untuk mencerminkan kondisi fisiologis, sosiologis, dan psikologis tokoh, serta diujicobakan melalui eksplorasi bahan prostetik alternatif yang lebih efisien secara biaya namun tetap mendukung kebutuhan alur cerita dan kontinuitas visual adegan. Temuan utama dari penciptaan ini menunjukkan bahwa mekap dalam film fiksi mampu memperkaya dimensi naratif melalui lapisan visual yang imersif. Karakter utama tampil lebih kuat, konsisten, dan hidup—baik secara emosional maupun estetis. Pendekatan ini membuka ruang baru bagi tata rias film di Indonesia sebagai bagian integral dari bahasa visual dan konstruksi identitas karakter. Kata kunci: mekap karakter, prostetik, tiga dimensi karakter, naratif visual, film fiksi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Restian Martadianti, Tammynim1810919032
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorWidyasmoro, Agnesnidn0006057806
ContributorNugroho, Herinidn0502058803
Department: KODEPRODI91261#TELEVISI DAN FILM
Uncontrolled Keywords: make up karakter, prostetik, tiga dimensi karakter, naratif visual, film
Subjects: Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: Tammy Restian Martadianti
Date Deposited: 25 Jun 2025 01:28
Last Modified: 25 Jun 2025 01:28
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20710

Actions (login required)

View Item View Item