Aslami Harsis, Adlan (2025) “Fingers Logic” Implemestasi Teknik Permainan Gitar Elektrik Sebagai Unsur Musikal Utama dalam Komposisi. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Adlan Aslami Harsis_2025_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Adlan Aslami Harsis_2025_BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Adlan Aslami Harsis_2025_BAB PENUTUP.pdf Download (319kB) |
![]() |
Archive
Adlan Aslami Harsis_2025_LAMPIRAN 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Video
maxresdefault.jpg Restricted to Repository staff only Download (22kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Adlan Aslami Harsis_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keresahan penulis tentang penggunaan aspek teknik dalam komposisi yang hanya digunakan sebagai unsur sekunder. Keresahan ini mendorong penulis mengeksplorasi terlebih dahulu beberapa karya komposer sebelumnya dan menganalisis penggunaan unsur teknikal yang juga hanya digunakan sebagai pelengkap. Tujuan penciptaan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja unsur musikal yang relevan untuk mengakomodasi jenis permainan teknikal ke dalam unit-unit musikal dan sejauh mana unsur adaptasi logika teknik bisa relevan diterapkan pada komposisi. . Metode penelitian yang penulis pakai adalah kualitatif dengan pendekatan praktik artistik atau dikenal juga sebagai practice-based research atau penelitian berbasis praktik. Menurut penulis, metode seperti inilah yang paling relevan untuk menjadi dasar berpikir dalam penelitian ini. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya literatur dan arsip yang membahas topik ini dengan tingkat kesamaan yang tinggi. Hasil yang didapatkan adalah material komposisi sebagai bahan membangun gagasan komposisi teknikal, dan juga beberapa temuan data. Beberapa temuan data yang terdeteksi adalah batasan unsur musikal seperti interval, harmoni dan kontur yang terkandung di dalam bentuk penjarian tertentu, dan juga karakteristik tertentu sebuah bentuk penjarian dalam hal ambitus yang tergolong jauh dengan gerakan arpeggio, juga interval yang dominan muncul pada bentuk penjarian tertentu. Pada bagian akhir penelitian ini, penulis mendapatkan wawasan bahwa komposisi musik dengan gagasan teknikal memiliki keterkaitan musikal dalam hal batasan, dan juga karakteristik. Penambahan perangkat eksternal seperti guitar pedal juga mendorong batasan yang ada pada kalimat musik teknikal sehingga menjadikannya kombinasi yang efektif dalam menciptakan komposisi ini. Pada akhirnya komposisi berbasis asas teknikal yang dalam penelitian ini didominasi oleh logika jari dan eksplorasi timbral bisa dilakukan dan tergolong penelitian yang cenderung baru. Sebagai kesimpulan, penulis menemukan temuan data yang mengindikasikan logika jari, eksplorasi timbral dengan kaidah musikal yang dapat dijadikan sebuah gagasan komposisi berbasis teknik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91222#PENCIPTAAN MUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Gitar elektrik, logika penjarian, extended techniques, eksplorasi timbre, integrasi pedal dan efek elektronik, komposisi kontemporer | |||||||||
Subjects: | Musik > Komposisi Musik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | ADLAN ASLAMI HARSIS | |||||||||
Date Deposited: | 25 Jun 2025 01:44 | |||||||||
Last Modified: | 25 Jun 2025 01:44 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20809 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |