Manajemen Pembelajaran Pada Kelas Olah Tubuh Dewasa Di Mila Art Dance School Yogyakarta

Chandra Anggeriyani, Indri (2025) Manajemen Pembelajaran Pada Kelas Olah Tubuh Dewasa Di Mila Art Dance School Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Indri Chandra Anggeriyani_2025_FULL TEKS .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Indri Chandra Anggeriyani_2025_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Indri Chandra Anggeriyani_2025_BAB PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (image and teks)
Indri Chandra Anggeriyani_2025_BAB LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
Indri Chandra Anggeriyani_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Manajemen pembelajaran yang baik menjadi faktor keberhasilan proses pembelajaran, terutama pada lembaga pendidikan nonformal. Khususnya pada pembelajaran seni tari yang berfokus pada materi olah tubuh. Oleh karena itu, penelitian ini membahas manajemen pembelajaran kelas olah tubuh dewasa di Mila Art Dance School yang berfokus mengkaji fungsi manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer diperoleh dari kepala sekolah, guru, dan peserta didik. sedangkan data sekunder berasal dari dokumen berupa foto kegiatan pembelajaran, silabus, jadwal kelas, foto fasilitas, biodata peserta didik, presensi, dan sebagainya. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dalam bentuk narasi, dan validasi data melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa Mila Art Dance School telah menerapkan fungsi manajemen secara baik, terencana, dan terstruktur. Dalam aspek perencanaan, MADS menyusun silabus pembelajaran,dan jadwal pembelajaran. Pengorganisasian melibatkan kerja sama antar tim. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode pengajaran yang interaktif, dan mengacu pada capaian setiap bulan. Evaluasi dengan melakukan kegiatan metamorfosa sebagai ujian akhir menjadi salah satu bentuk evaluasi yang efektif Namun, tantangan dalam menjaga motivasi belajar peserta didik tetap menjadi kendala yang perlu mendapat perhatian lebih lanjut, serta pengawasan kepada tenaga pengajar dalam melaksanakan proses evaluasi peserta didik. Secara keseluruhan, manajemen pembelajaran kelas olah tubuh dewasa di Mila Art Dance School telah berjalan secara efektif dan mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, produktif, dan mendukung perkembangan keterampilan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Chandra Anggeriyani, Indrinim1810190017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorDjatmiko, Gandungnidn0004116108
ContributorPratama, Ujangnidn0508029101
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Olah Tubuh, Sekolah Nonformal, Pembelajaran Tari.
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Indri Chandra Anggeriyani
Date Deposited: 25 Jun 2025 05:03
Last Modified: 25 Jun 2025 05:04
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20924

Actions (login required)

View Item View Item