Peran Gerak dan Lagu Dalam Mengasah Kemampuan Menghafal Lagu Pada Penampilan Bernyanyi Anak Usia Dini

Citra Pertiwi, Meidiana (2025) Peran Gerak dan Lagu Dalam Mengasah Kemampuan Menghafal Lagu Pada Penampilan Bernyanyi Anak Usia Dini. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia.

[img] Text
Meidiana Citra Pertiwi_2025_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Meidiana Citra Pertiwi_2025_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Meidiana Citra Pertiwi_2025_BAB PENUTUP.pdf

Download (432kB)
[img] Text
Meidiana Citra Pertiwi_2025_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Meidiana Citra Pertiwi_PERNYATAAN PERSERUJUAN-PUBLIKASI.pdf

Download (166kB)

Abstract

Dalam praktik pembelajaran, anak-anak sering kali mengalami kesulitan dalam menghafal lagu baru, terutama ketika metode yang digunakan hanya berbasis verbal tanpa melibatkan aktivitas kinestesis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis peran gerak dan lagu dalam mengasah kemampuan menghafal lagu pada penampilan bernyanyi anak usia dini. Kemampuan menghafal merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan kognitif anak, khususnya dalam pembelajaran musik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang melibatkan enam orang siswa berusia 4 sampai 6 tahun sebagai subjek utama. Selain itu kepala sekolah, guru kelas, dan guru ekstrakurikuler vokal juga dilibatkan sebagai narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi gerakan sederhana yang sesuai dengan lirik lagu dapat membantu anak untuk lebih cepat dan lebih mudah dalam mengingat lirik. Selain itu, pendekatan ini juga meningkatkan partisipasi aktif dan memperkuat pemahaman terhadap isi lagu yang dinyanyikan. Pendekatan gerak dan lagu tidak hanya berdampak pada daya ingat verbal, tetapi juga menstimulasi aspek kinestesis dan emosi positif selama proses pembelajaran. Penelitian ini dapat menyimpulkan bahwa gerak dan lagu mampu mendukung daya ingat anak usia dini serta menjadi strategi dalam pembelajaran musik yang menyenangkan dan dapat membantu menyelesaikan tugas perkembangan anak. Dengan demikian, penting bagi pendidik untuk mempertimbangkan metode yang menggabungkan gerakan dan musik dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Citra Pertiwi, Meidiananim21102840132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorNainggolan, Oriananidn0025058303
ContributorOktadus, Henrynidn0012109207
Department: KODEPRODI87121#PENDIDIKANMUSIK
Uncontrolled Keywords: Anak usia dini, gerak dan lagu, kemampuan menghafal, penampilan bernyanyi, pendidikan musik
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Meidiana Citra Pertiwi
Date Deposited: 26 Jun 2025 03:21
Last Modified: 26 Jun 2025 03:33
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21121

Actions (login required)

View Item View Item