Perancangan Komik "Capung"

Qomariah, Yulia (2007) Perancangan Komik "Capung". Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Bab I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Komik adalah suatu bentuk seni populer yang memiliki potensi besar sebagai medium komunikasi visual. Komik sering dipakai sebagai media komunikasi karena pesan dapat disampaikan secara cepat dan efektif dengan kemasan yang menghibur. Unsur-unsur didalamnya bekerja sarna menciptakan keunikan yang tidak ditemukan dalam bentuk seni lain, dan komik memiliki ban yak kemungkinan yang belum dij elajahi dan dimanfaatkan. Perancangan komik "Capung" ini bermaksud untuk mengangkat persoalan yang dekat dengan kehidupan masyarakat di kota bermukimnya penulis, yaitu Yogyakarta. Cerita berlangsung dengan latar belakang bencana alam gempa bumi 5,9 skala Richter yang terjadi di Yogyakarta pada tanggal 27 Mei 2006. Secara umum, isi cerita komik "Capung" ini merekam reaksi tokoh-tokohnya terhadap dampak dari bencana alam gempa bumi yang melanda wilayah mereka. Pada bagian pertama, dikisahkan mengenai sudut pandang seorang anak kecil terhadap dampak gempa, yang dikarenakan persepsinya yang polos menganggap gempa begitu meriah dan menyenangkan. Bagian dua mengisahkan tentang kekerasan seksual yang terjadi setelah gempa. Bagian tiga bercerita tentang ironi hubungan sosial yang terjadi dalam masyarakat. Komik "Capung" ini diharapkan mampu berdiri sebagai komik yang dekat dengan realita sosial yang ada dalam masyarakat, di samping itu juga berbobot dari segi visual dan gaya bercerita sehingga dapat diterima di masyarakat dan memperkaya pustaka komik Indonesia yang masih minim dari segi jumlah. VIII Dari segi visual, perancangan ini mengeksplorasi penggunaan ikon. Cara yang digunakan adalah mengganti tampilan visual yang sudah umum dipergunakan dalam komik dengan cara lain yang juga komunikatif, misalnya menggunakan aspek desain grafis. Aspek-aspek yang umum dijumpai dalam dunia desain grafis dan jarang dipergunakan dalam komik akan digunakan sebagai cara lain mengkomunikasikan pesan. Teknik penyajian visual mempergunakan aspek-aspek fotografi untuk memperkaya tampilan visual dan menguatkan dramatisasi. Gambar disajikan dengan mempergunakan berbagai sudut pandang, ukuran dan teknik-teknik seperti zoom in, zoom oul dan panning untuk menguatkan kesan yang ingin ditimbulkan. Dramatisasi dilakukan melalui penggunaan garis-garis pada gam bar karakter, dekor, ornamen, latar-belakang dan gestur. Dalam komik "Capung " ini, ada tiga bagian yang berbeda dengan tokoh utama berbeda. Tampilan visual tiap bagian akan disesuaikan dengan karakter masing-masing tokoh. Bagian pertama, dengan tokoh anak-anak akan tampil menggunakan elemen yang sederhana. Bagian kedua, dengan tokoh gadis muda, akan tampil dengan banyak detil yang menunjukkan dunia kehidupan perempuan. Bagian ketiga, dengan tokoh seorang kakek tua, akan tampil dengan garis-garis dan detail yang juga renta.Gaya bercerita yang dipilih adalah pengisahan dari sudut pandang orang kedua dengan beberapa flashback.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Qomariah, Yulianim9911112023
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorZacky, Asnarnidn0007085715
ContributorKarnadi, Hartononidn0009026502
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Komik, Capung
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: susilo SW wati
Date Deposited: 26 Aug 2025 08:35
Last Modified: 26 Aug 2025 08:35
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21770

Actions (login required)

View Item View Item