Pemasaran Desa Wisata Kalibuntung dalam Mendukung Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Bantul Tahun ke 1 dari rencana 2 tahun

Yohana Ari Ratnaningtyas, NIDN 00 050273 04 and Agnes Widyasmoro, NIDN 00 060578 06 (2015) Pemasaran Desa Wisata Kalibuntung dalam Mendukung Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Bantul Tahun ke 1 dari rencana 2 tahun. Project Report. Lembaga Penelitian Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (878kB) | Preview
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB) | Request a copy
[img] Text
bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
bab 7.pdf

Download (763kB) | Preview
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Pengembangan desa wisata di Bantul belum mencapai hasil yang optimal. Dampak terhadap kondisi ekonomi, sosial budaya dan lingkungan belum maksimal. Hal ini mengindikasikan bahwa adanya permasalahan yang perlu diselesaikan dalam pengembangan desa wisata agar sesuai dengan tujuan yang diharapkan yaitu memuwujudkan pariwisata yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu diperlukan suatu bentuk strategi yang efektif yaitu melalui penyadaran dan pemberdayaan masyarakat di Kalibuntung akan arti pentingnya pengembangan desa wisata. Diperlukan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang mengelola dan pola pemasaran desa wisata yang efektif agar dapat menarik pengunjung dalam jumlah yang beasr dan mampu bersaing serta unggul di bisnis wisata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berbagai potensi di desa wisata Kalibuntung, bagaimana strategi pemasaran, mengetahui partisipasi dan pemberdayaan masyarakat serta dukungan dari pemerintah dalam mengembangkan pariwisata di Bantul. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif, deskriptif analitis. Data diperoleh dengan teknik: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah diinventarisasi dan diidentifikasi, selanjutnya data akan dianalisis kemudian diambil kesimpulan. Untuk mencapai tujuan tersebut, direncanakan kegiatan 1) melakukan identifikasi situasi dan fasilitas pendukung, 2) mengevaluasi sumber daya manusia yang mengelola 3) pendampingan kelompok sadar wisata dalam pengembangan desa wisata Kalibuntung, serta 4) memberikan masukan terhadap peran serat masyarakat serta dukungan dari pemerintah daerah. Selanjutnya akan dibuat sebagai bahan acuan untuk mengembangan desa wisata

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM
Yohana Ari Ratnaningtyas, NIDN 00 050273 04UNSPECIFIED
Agnes Widyasmoro, NIDN 00 060578 06UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Uncontrolled Keywords: pemasaran, pengembangan, desa wisata, pariwisata
Subjects: Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 12 Jan 2018 00:52
Last Modified: 12 Jan 2018 00:52
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2883

Actions (login required)

View Item View Item