Abdi M. Parningotan Tambunan, 1311930013 (2017) Pembelajaran Ensambel Musik Di Sekolah Dasar Bangunharjo Sewon Bantul Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
bab i.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
bab ii.pdf Restricted to Repository staff only Download (923kB) | Request a copy |
||
Text
bab iii.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text
bab iv pen.pdf Download (868kB) | Preview |
|
|
Text
Jurnal Asli.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Karya tulis ini membahas tentang proses pembelajaran ensambel di SD Bangunharjo Sewon Bantul Yogyakarta. Metode Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran ensambel musik di SD Bangunharjo Sewon Bantul Yogyakarta. Data penelitian ini diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian akan di deskripsikan dalam penelitian kualitatif untuk memperoleh hasil penelitian dan semua hasil dari penelitian yang diperoleh akan dicatat sesuai dengan kejadian yang ada di lapangan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran ensambel di SD Bangunharjo Sewon Bantul Yogyakarta disatukan mulai dari kelas III hingga sampai kelas V. Proses pembelajaran ensambel musik masuk kedalam ekstrakulikuler yang dilakukan 1 kali dalam seminggu pada hari Senin dengan alokasi waktu 60 menit setiap minggunya. Proses pembelajaran ensambel dilakukan di ruang kelas V SD Bangunharjo Sewon Bantul Yogyakarta dan pada proses pembelajaran pengajar menggunakan metode pembelajaran umumnya seperti demontrasi, ceramah, diskusi latihan/drill. Faktor yang mendorong dan mendukung SD Bangunharjo Sewon Bantul Yogyakara melaksanakan kegiatan ekstrakulikuler ensambel musik adalah motivasi siswa dandorongan keluarga atau orang tua siswa. Penulis memperoleh kesimpulan bahwa proses pembelajaran ensambel musik di SD Bangunharjo Sewon Bantul Yogyakarta menggunakan metode pembelajaran pata umumnya dan pembelajaran ensambel musik di SD Bangunharjo Sewon Bantul tidak berjalan lancar dimana siswa jarang datang latihan dan pemberian alokasi waktu proses pembelajaran sangat sedikit.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta | ||||
Additional Information : | Ayu Tresna Yunita , Suryanto Wijaya | ||||
Uncontrolled Keywords: | Proses Pembelajaran, Ensambel Musik, SD Bangunharjo | ||||
Subjects: | Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik) | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | ||||
Depositing User: | jody JS Santoso | ||||
Date Deposited: | 19 Jan 2018 07:11 | ||||
Last Modified: | 19 Jan 2018 07:11 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2910 |
Actions (login required)
View Item |