Ismi Aghnia Barokah, 1210449015 (2017) Karya Iwan Gunawan Di Dalamensemble Kyai Fatahillahdi Bandung Jawa Barat. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
bab i.pdf Download (755kB) | Preview |
|
Text
bab ii.pdf Restricted to Repository staff only Download (593kB) | Request a copy |
||
Text
bab iii.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
bab iv pen.pdf Download (579kB) | Preview |
|
|
Text
JURNAL ISMI AGHNIA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (781kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan musik gamelan di Indonesia telah menunjukkan peningkatanyang cukup pesat. Salah satu kelompok musik gamelan di Bandung yangmengalami perkembangan yaitu Ensemble Kyai Fatahillah. Sebagai salah satukelompok musik gamelan yang mengalami perkembangan akhirnya mengarahterhadap bagaimana bentuk musik karya Iwan Gunawan dan bagaimana pengaruhIwan Gunawan terhadap eksistensi Ensemble Kyai Fatahillah yang penelitian inimenggunakan pendekatan etnomusikologi. Ensemble Kyai Fatahillah di BandungJawa Barat merupakan salah satu kelompok musik gamelan yang mengalamiperkembangan juga merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa dalam bidangkreasi gamelan yang ada di Jurusan pendidikan Musik Fakultas Pendidikan Senidan Desain UPI Bandung. Sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa di tingkatjurusan, aktivitas kelompok musik ini yaitu konsisten dalam mengembangkanrepertoar musik gamelan baik karya tradisi maupun karya kontemporer.Salah satu karya Iwan Gunawan selaku pimpinan Ensemble Kyai Fatahillahyaitu “Minutes” yang merupakan musik dengan bentuk free form dan merupakanmusik minimalis yang merupakan karya tentang pandangan hidup orang Sundaterhadap waktu yakni manusia sebagai pribadi, tentang hubungannya denganmasyarakat, tentang hubungannya dengan alam, dan tentang hubungannya denganTuhan. Penggarapan musik gamelan Iwan Gunawan tersebut dipengaruhi olehlatar belakangnya yang merupakan komponis musik tradisi Sunda dan musikBarat dan penggarapan musik gamelannya merupakan inovasi terhadap sistemsepuluh nada yaitu sistem nada laras campuran pelog dan slendro yang hasil darisistem sepuluh nada tersebut menghasilkan karya yang berjudul Noname andNothing (2010) dan Minutes (2016).
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta | ||||
Additional Information : | Krismus Purba , Ela Yulaeliah | ||||
Uncontrolled Keywords: | Ensemble Kyai Fatahillah, Gamelan Baru | ||||
Subjects: | Etnomusikologi | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Etnomusikologi | ||||
Depositing User: | jody JS Santoso | ||||
Date Deposited: | 11 Apr 2018 03:03 | ||||
Last Modified: | 11 Apr 2018 03:03 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/3040 |
Actions (login required)
View Item |