Siti Fainjah, 1011509022 (2015) Macan Kurung Sebagai Sumber Ide Penciptaan Karya Batik Kain Panjang. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (721kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text
JURNAL.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Macan Kurung adalah sebuah karya seni ukir khas Jepara yang muncul di tengah-tengah tekanan sistem pemerintahan kolonial dan adat istiadat budaya feodal, sezaman dengan R.A. Kartini (akhir abad ke-19). Diduga karya seni ini sebagai ekspresi simbol perlawanan para perajin ukir atas trkanan hidup yang dirasakan saat itu. Wujud macam kurung itu sendiri adalah sebuah patung ukir yang berbentuk seekor macan yang berada di dalam kurungan, yang mana di dalamnya terdapat pula sebuah rantai sebagai pengikat macan dan bola yang bisa menggelinding. Pada bagian atas kurungan sering diberei berbagai hiasan bebas tergantung kreativitas perajin atau pemesanan pembeli yang memiliki tujuan atau makna simbolis tertentu. Keberadaan macan kurung saat ini tidak seeksis dulu lagi dikarenakan di daerah tersebut terkalahkan dengan wujud karya bergaya modern. Karya ukir macan kurung tersebut kemudian dikembangkan menjadi motif batik macan kurung yang diapllikasikan dalam karya batik kain panjang. Metode pendekatan yang digunakan dalam menganalisis adalah metode pendekatan estetik dan metode semiotik. Brhubungan dengan karya yang diciptakan memicu pada metode penciptaan SP Gustami, sedangkan untuk proses perwujudannya adalah batik tulis dengan warna sintetis yaitu naftol, remasol dan indigosol. Teknik pewarnaannya menggunakan teknik colet dan celup seperti halnya yang terdapat pada teknik batik pada umumnya. Prosesnya dimulai dari proses pemolaan, penyantingan (mbatik), pewarnaan, nembok, hingga pelorodan dan finishing. Penciptaan karya tugas akhir ini menghasilkan 8 karya yang bermotifkan macan kurung sebagai sumber idenya. Setiap masing-masing karya memiiki makna simbolis dan nilai estetis yang tentunya sebagai benda seni fungsional yang bisa dipakai dalam bentuk kain panjang. Semoga karya tugas akhir ii bisa bermanfaat menambah ilmu pengetahuan bagi semua kalangan masyarakat akan keberadaan macan kurung sebagai sebuah karya seni dari Jepara
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta | ||||
Additional Information : | 1. Djandjang Purwo Sedjati 2. RAMM Pandansari K. | ||||
Uncontrolled Keywords: | Macan Kurung, Batik Tulis, Kain Panjang | ||||
Subjects: | Kriya > Kriya Tekstil | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Kriya > Kriya Tekstil | ||||
Depositing User: | Bandono BD Bandono | ||||
Date Deposited: | 16 Aug 2018 07:14 | ||||
Last Modified: | 16 Aug 2018 07:14 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/3601 |
Actions (login required)
View Item |