Representasi ‘Kekerasan Simbolik’ Dalam Foto Iklan: Studi Kasus Foto Iklan Cetak Produk Kecantikan Perempuan Dalam Majalah Femina Tahun 2000

Fitriana, 1410059131 (2018) Representasi ‘Kekerasan Simbolik’ Dalam Foto Iklan: Studi Kasus Foto Iklan Cetak Produk Kecantikan Perempuan Dalam Majalah Femina Tahun 2000. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
bab 1 Pages from Skripsi Fitriana (1410059131).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
bab 2 Pages from Skripsi Fitriana (1410059131)-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab 3 Pages from Skripsi Fitriana (1410059131)-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab 4 Pages from Skripsi Fitriana (1410059131)-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
bab 5 Pages from Skripsi Fitriana (1410059131)-5.pdf

Download (923kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Naskah Publikasi Fitriana (1410059131).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas representasi ‘kekerasan simbolik’ dalam beberapa foto iklan di majalah Femina tahun 2000. Penelitian menggunakan metode kualitatif yang berfokus pada wacana maupun nilai dari produk kecantikan yang diiklankan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Terdapat tiga buah foto iklan yang dikaji. Teori yang digunakan adalah teori ‘kekerasan simbolik’, representasi, fotografi periklanan, dan ideologi gender. Secara keseluruhan, perspektif penelitian lebih berorientasi pada pendekatan gender. Hal ini tidak lepas dari pembatasan objek penelitian terkait ‘kekerasan simbolik’ yang terepresentasi pada subjek foto perempuan, termasuk aspek verbal seperti head line, body copy, dan slogan. Hasil penelitian berupa ditemukannya bentuk-bentuk ‘kekerasan simbolik’ dalam sampel foto, seperti konstruksi ideal kecantikan, budaya konsumerisme, ‘pemaksaan’ informasi produk kepada konsumen, hingga domestikasi perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Fitriana, 1410059131UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : Soeprapto Soedjono , Kusrini
Uncontrolled Keywords: kekerasan simbolik, foto iklan, representasi visual
Subjects: Fotografi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Fotografi
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 27 Mar 2019 07:45
Last Modified: 27 Mar 2019 07:45
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/4206

Actions (login required)

View Item View Item