Nur Chici Paramita, 1410066432 (2018) Analisis Desain Artistik Sebagai Representasi Budaya Bugis-Makassar Dalam Membentuk Watak Tokoh Sentral Pada Film “Athirah”. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
Bab 1 Pages from SKRIPSI PENGKAJIAN SENI_Nur Chici Paramita_1410066432.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB 2 Pages from SKRIPSI PENGKAJIAN SENI_Nur Chici Paramita_1410066432-2.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text
BAB 3 Pages from SKRIPSI PENGKAJIAN SENI_Nur Chici Paramita_1410066432-3.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
BAB 4 Pages from SKRIPSI PENGKAJIAN SENI_Nur Chici Paramita_1410066432-4.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB 5 Pages from SKRIPSI PENGKAJIAN SENI_Nur Chici Paramita_1410066432-5.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
JURNAL SKRIPSI_Nur Chici Paramita_1410066432.pdf Download (10MB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN Pages from SKRIPSI PENGKAJIAN SENI_Nur Chici Paramita_1410066432-6.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
||
Video
Athirah (2016).mp4 Restricted to Repository staff only Download (382MB) | Request a copy |
Abstract
Industri perfilman Indonesia menjadikan jumlah penonton sebagai patokan kesuksesan sebuah film ketika tayang, namun hal tersebut nyatanya tidak dapat menjadi indikasi seberapa bagus atau berkualitasnya sebuah film yang ditampilkan. Film berjudul Athirah yang telah menuai pujian di tingkat internasional melalui pendekatan budaya yang dilakukan, nyatanya tidak mendapatkan banyak layar di bioskop Indonesia, akibat kurangnya atensi publik terhadap film-film berlatar belakang kebudayaan atau etnik tertentu. Konsep representasi budaya dalam sebuah film menawarkan publik dapat melihat secara nyata apa yang terjadi di tengah-tengah masyarakat tertentu serta pada masa tertentu. Film Athirah terfokus pada peran Athirah sebagai tokoh sentral dengan identitas latar belakang kebudayaan suku bangsa Bugis-Makassar, ditampilkan melalui desain artistik yang cukup autentik. Sehingga, penelitian ini akan terfokus mengidentifikasi representasi budaya Bugis-Makassar melalui desain artistik (setting, properti, kostum, dan make up), serta mengetahui faktor artistik yang mendukung pembentukan watak tokoh sentral pada film tersebut. Penelitian dilakukan menggunakan teknik deskriptif dengan pendekatan kualitatif, penggambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan menetapkan ciri khusus sesuai tujuan penelitian serta berdasar pada teori tujuh unsur kebudayaan oleh Kluckhohn dan tiga dimensi tokoh oleh Lajos Egri. Pada akhirnya, melalui beberapa elemen visual mampu merepresentasikan unsur kebudayaan tradisional Bugis-Makassar dan berperan aktif dalam mendukung pembentukan watak tokoh sentral berdasarkan tiga dimensi tokoh yaitu fisiologi, psikologi, dan sosiologi. Selain itu, elemen artistik juga mampu menjadi simbol-simbol khusus dalam mewakili budaya suku bangsa tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta | ||||
Additional Information : | Nanang Rakhmad Hidayat , Agnes Widyasmoro | ||||
Uncontrolled Keywords: | Film Athirah, Desain Artistik, Representasi, 3 dimensi tokoh | ||||
Subjects: | Televisi > Televisi | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi | ||||
Depositing User: | jody JS Santoso | ||||
Date Deposited: | 01 Apr 2019 02:31 | ||||
Last Modified: | 01 Apr 2019 02:31 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/4236 |
Actions (login required)
View Item |