Pengaruh Fenomena Iklan Televisi (TVC) Ekstrak Kulit Manggis Mastin Terhadap Persepsi dan Preferensi Khalayak

Novaria Fajar Kurniawan., NIM. 0911834024 (2015) Pengaruh Fenomena Iklan Televisi (TVC) Ekstrak Kulit Manggis Mastin Terhadap Persepsi dan Preferensi Khalayak. Skripsi thesis, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Desain, Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (976kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (703kB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Iklan televisi sebagai produk desain komunikasi visual, merupakan sarana promosi yang tetap populer hingga saat ini, karena mampu menjangkau khalayak luas dengan sarana yang lengkap (audio dan visual). Popularitas sarana iklan televisi ini kemudian dimanfaatkan oleh PT.Industri Jamu Borobudur untuk mengiklankan produk ekstrak kulit manggis Mastin secara masif di stasiun-stasiun televisi. Begitu seringnya Mastin diiklankan di stasiun televisi tentu memberi dampak pada khalayaknya. Dampak ini ternyata mewujud dalam bentuk yang berupa parodi. Khalayak yang menyaksikan iklan televisi Mastin ini, membuat gambar-gambar dan video-video humor untuk kemudian disebarkan pada forum dan teman-temannya di dunia maya. Dari sini terjadilah „penularan‟ parodi Mastin yang menyebar diantara masyarakat pengguna internet (netizen) Indonesia, hingga akhirnya terbentuklah fenomena viral parodi iklan televisi Mastin. Disisi lain bentuk parodi ini juga merupakan bentuk komunikasi visual. Terjadinya fenomena viral parodi iklan televisi Mastin ini tentu memberikan dampak merek Mastin. Mereka yang melihat parodi iklan televisi Mastin pasti menjadi teringat dengan produk Mastin. Sehingga semakin sering mereka terekspos parodi iklan televisi Mastin, semakin sering pula mereka mengingat Mastin. Maka fokus penelitan ini adalah mengukur sejauh mana dampak fenomena iklan televisi Mastin terhadap perepsi dan preferensi khalayak iklan televisi Mastin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, yakni dengan mengukur pengetahuan responden akan iklan televisi Mastin dan viralnya untuk dibandingkan dengan tingkat kepercayaan dan kecondongan memilih ekstrak kulit manggis Mastin. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah adanya selisih kepercayaan dan kecondongan pada khalayak yang terekspos iklan televisi Mastin. Mereka yang terekspos iklan televisi Mastin dan viralnya, 14% lebih mempercayai iklan televisi Mastin dan 3% lebih berminat mengkonsumsi Mastin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Novaria Fajar Kurniawan., NIM. 0911834024UNSPECIFIED
Department: Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Desain, Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Uncontrolled Keywords: Iklan, Viral, Parodi, Persepsi, Preferensi, Khalayak, televisi, program, audio, visual,
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 04 Jun 2015 04:32
Last Modified: 04 Jun 2015 04:32
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/433

Actions (login required)

View Item View Item