Pengolahan Modes Dalam Improvisasi pada Lagu Chega de Saudade (No More Blues) Karya Antonio-Carlos Jobim ditinjau dari Progersi Akor.

Faris Maulana Malik, 14000110134 (2018) Pengolahan Modes Dalam Improvisasi pada Lagu Chega de Saudade (No More Blues) Karya Antonio-Carlos Jobim ditinjau dari Progersi Akor. Other thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (2MB)
[img] Video
VIDEO.mp4
Restricted to Repository staff only

Download (657MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Jazz merupakan musik yang sangat didominasi oleh improvisasi, sudah banyak ragam improvisasi dengan yang diteliti hingga saat ini. Dari sekian banyak, ada hal yang menarik bahwa dalam penggunaan modes dan membuat riff masih jarang bahkan belom diteliti khusunya pada lagu Chega De Saudade (No More Blues) karya Antonio-Carlos Jobim. Dengan adanya masalah tersebut penulis mempunyai ide untuk mencari jawaban dari bagaimana cara mengolah dan mengaplikasikan Modes Ionian System, Harmonic Minor System, Melodic Minor System dan Symmetric Scale pada lagu Chega De Saudade (No More Blues) ditinjau dari progres akor dan bagaimana cara membuat lick atau riff panjangnya 2 sampai 4 birama bahkan lebih pada lagu tersebut. Untuk mencari jawaban tersebut penulis menggunakan metode modal (modes), phrasing, variasi dan tanda istirahat, offbeat dan onbeat, akor ii – V – I, ghost note, ritmis, passing harmonies, trinada subtitusi, dan ritmis yang sama dalam setiap birama. Setelah ditetapkan metode maka mulai dilakukan analisis. Analisis dilakukan dengan cara membahas progresi akor yang relasi dengan modes tersebut, dengan cara melihat pemahaman riff pada lagu Chega De Saudade (No More Blues). Kesimpulan yang diperoleh bahwa dengan menggunakan metode-metode tersebut penulis bisa menerapkan modes kedalam improvisasi pada lagu Chega De Saudade (No More Blues) yang ditinjau dari progresi akor. Kata Kunci : mengolah, mengaplikasikan, dan membuat riff.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsNIM
Faris Maulana Malik, 14000110134UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : Josias T. Adriaan NIDN. 0016016102 Royke B. Koapaha NIDN. ---
Uncontrolled Keywords: Mengolah, Mengaplikasikan, Membuat Riff.
Subjects: Musik > Penyajian musik (musik pertunjukan dan pop-jazz)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Bandono BD Bandono
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 24 Jul 2019 04:29
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/4608

Actions (login required)

View Item View Item