PEMBELAJARAN ENSAMBEL MUSIK UNTUK ANAK AUTIS DI SEKOLAH LUAR BIASA FREDOFIOS YOGYAKARTA

Mauhibah Farhah, Della (2019) PEMBELAJARAN ENSAMBEL MUSIK UNTUK ANAK AUTIS DI SEKOLAH LUAR BIASA FREDOFIOS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (986kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL - Della Mauhibah Farhah.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan, termasuk anak berkebutuhan khusus, seperti anak penyandang autis. Salah satu sekolah yang menangani anak autis yaitu Sekolah Luar Biasa Fredofios Yogyakarta. SLB Fredofios memiliki program pembelajaran musik yang mana siswa penyandang autis mampu bermain musik secara ensamble dengan cukup baik. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan metode pembelajaran ensambel musik untuk anak autis di Sekolah Luar Biasa Fredofios Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian ini mendeskripsikan proses pembelajaran dan metode yang digunakan dalam pembelajaran ensambel musik untuk anak autis. Penelitian ini melibatkan 6 siswa autis, 1 guru musik, dan 1 wakil kepala sekolah sebagai informan. Batasan masalah dalam penelitian ini yakni proses pembelajaran ensambel musik untuk anak autis serta kendala dan hambatan. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam proses pembelajaran ensambel musik untuk anak autis di Sekolah Luar Biasa Fredofios Yogyakarta menggunakan metode ABA (applied behaviour analysis) sebagai pendekatan komunikasi guru terhadap anak autis serta metode demonstasi, imitas, dan teknik solmisasi untuk mengajar ensambel musik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Mauhibah Farhah, Dellanim15100560132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSuryati, Suryatinidn0001096407
UNSPECIFIEDPrasetiyo, Ayubnidn0020077505
Department: KODEPRODI87121#PENDIDIKAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, ensambel musik, anak autis
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: sri SE endarti
Date Deposited: 08 Oct 2019 03:35
Last Modified: 08 Oct 2019 03:35
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/5245

Actions (login required)

View Item View Item