Perancangan Ulang Corporate Identity Museum Biologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Hidayatullah, Syarif (2019) Perancangan Ulang Corporate Identity Museum Biologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II sd BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (226kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Other (KARYA)
KARYA_1410097124.rar
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL_1410097124.pdf

Download (655kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Merancang ulang corporate identity merupakan sebuah upaya yang bertujuan membentuk identitas visual yang baru agar tepat pada audience. Corporate identity sendiri terdiri atas beberapa elemen grafis seperti logo, warna, tipografi, dan lainnya yang diterapkan secara konsisten pada sejumlah media sehingga menyiratkan hal-hal positif terhadap audience. Salah satu lembaga yang memerlukan perancangan ulang pada corporate identity nya adalah Museum Biologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, hal tersebut dikarenakan belum diterapkannya kaidah-kaidah corporate identity yang baik serta belum adanya konsistensi pada elemen-elemen grafisnya. Permasalahan tersebut mampu mendatangkan kesan negatif pada benak audience, sehingga pihak museum memutuskan untuk merancang ulang corporate identity dengan menggunakan kaidahkaidah perancangan corporate identity yang baik sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Metode yang digunakan dalam perancangan karya desain ini adalah pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data pada lapangan, serta kepustakaan. Untuk metode analisis sendiri menggunakan 5W+1H dan juga SWOT. Serta teori-teori yang menjadi rujukan utama mengacu pada teori David E. Carter dan Veronica Napoles. Konsep perancangan ini juga mengadopsi beberapa elemen visual dari logo terdahulu dan akan lebih menonjolkan segi informative dan memorable. Karya tugas akhir perancangan ini adalah corporate identity beserta graphic standard manual, serta penerapannya pada media-media pendukung. Kata kunci: re-desain, corporate identity, museum, Museum Biologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Hidayatullah, Syarif1410097124
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDTinarbuko, Isidorus Tyas Sumbo0001046616
UNSPECIFIEDBangsa, Petrus Gogor0006017002
Department: KODEPRODI90241#
Uncontrolled Keywords: re-desain, corporate identity, museum, Museum Biologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: samiyati SM samiyati
Date Deposited: 20 Jul 2020 07:42
Last Modified: 20 Jul 2020 07:42
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/6267

Actions (login required)

View Item View Item