Analisis Product Placement Sebagai Pendukung Unsur Naratif Film "Transporter 3"

Istiqomah, Hanifah (2019) Analisis Product Placement Sebagai Pendukung Unsur Naratif Film "Transporter 3". Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
BAB I HANIFAH ISTIQOMAH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V HANIFAH ISTIQOMAH.pdf

Download (319kB)
[img] Text
Full Text HANIFAH ISTIQOMAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL HANIFAH ISTIQOMAH.pdf

Download (575kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Film “Transporter 3” menarik untuk diteliti karena terdapat satu merek produk muncul secara menonjol dari awal sampai akhir cerita sebagai properti. Kemunculan merek produk-produk dalam film mempunyai fungsi sebagai pendukung unsur naratif dari cerita, meskipun tidak semua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kehadiran dan peran products placement dalam film dan juga menjabarkannya sebagai pendukung unsur naratif film. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan fokus terhadap adegan yang menampilkan products placement. Pembahasan dalam penelitian ini adalah fungsi products placement sebagai pendukung unsur naratif film “Transporter 3”. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan observasi secara langsung pada karya film. Data penelitian diolah dan dianalisis menggunakan teori-teori tentang products placement oleh Cristel Antonia Russel, Rosemary Avery dan Rosellina Ferraro, serta tentang naratif film oleh Himawan Pratista dan David Broadwell. Bedasarkan hasil analisis kesimpulannya adalah products placement dalam film “Transporter3” muncul melalui 36 scene. Kemunculan products placement lebih banyak menggunakan dimensi visual dari pada dimensi auditory. Akibat adanya products placement dalam film “Transporter 3” sebagian besar dapat mendukung kehadiran unsur naratif seperti plot, tokoh, konflik dan latar. Kehadiran products placement dalam “Transporter 3” paling mendukung unsur konflik, kemudian tokoh dan plot serta paling akhir adalah latar. Kata Kunci: Naratif, Product Placement, Produk

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Istiqomah, Hanifahnim1510787032
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDMaemunah, Sitinidn0017116102
UNSPECIFIEDAtmani, Agnes Karina Prithanidn0023017613
Department: KODEPRODI91261#TELEVISI DAN FILM
Uncontrolled Keywords: Naratif, Product Placement, Produk
Subjects: Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: susilo SW wati
Date Deposited: 22 Jul 2020 08:28
Last Modified: 22 Jul 2020 08:28
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/6279

Actions (login required)

View Item View Item