Amin, Mochammad Insan Jaya (2019) Pemetaan Two-Handed Tapping pada Lagu High Spirit untuk Gitar Elektrik dari Album “The Scenic” Karya Felix Martin. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (829kB) |
|
Text
BAB II s.d BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (32MB) | Request a copy |
|
Video (KARYA_1311987013)
KARYA_1311987013.mp4 Restricted to Repository staff only Download (32MB) | Request a copy |
|
Text
JURNAL_1311987013 .pdf Download (1MB) |
Abstract
Felix Martin (Venezuela) merupakan pelopor gaya bermain 14-string guitar double neck yang intens mengeksplorasi two-handed tapping. Membawa genre progressive metal dengan unsur jazz dan fusion dalam ‘warna’ yang relatif berbeda dari musisi progressive metal lainnya, terutama dalam segi teknikal, Felix Martin menghadirkan inovasi-inovasi baru dalam penerapan two-handed tapping, dan komposisi musik yang memasukkan unsur musik tradisional Venezuela dalam gaya progressive metal. High Spirit merupakan salah satu repertoar dalam album The Scenic karya Felix Martin. Komposisi lagu ini dalam penerapannya (instrumen gitar) menggunakan two-handed tapping. High Spirit adalah salah satu lagu yang relatif lebih teknikal karena menuntut permainan two-handed tapping yang cepat, dan membutuhkan konsentrasi tinggi untuk memainkannya. Felix Martin menerapkan sekitar 70% two-handed tapping di album tersebut. Analisis bertujuan untuk mengetahui bentuk musik yang diterapkan pada lagu High Spirit, jenis-jenis two-handed tapping yang diterapkan pada lagu High Spirit, dan untuk mengetahui konsep pembentukan garis melodi two-handed tapping pada lagu High Spirit dalam album The Scenic. Penelitian menggunakan metode penelitian analitikal dengan pendekatan musikologis. Kesimpulan dari hasil analisis studi ini ialah bentuk lagu High Spirit karya Felix Martin menggunakan bentuk lagu lima bagian yang kompleks yaitu, A (8 birama) - A’ (8 birama) - A’’ (8 birama) - A’’’ (8 birama) - A’’’’ (10 birama) - B (10 birama) - B’ (10 birama) - C (17 birama) - D (9 birama) D’ (10 birama) – D’’ (12 birama) – D’’’ (15 birama) – D’’’’ (9 birama) - E (20 birama), dan menggunakan tiga jenis two-handed tapping yaitu, tapping paralel, tapping akor (arpeggio), dan tapping tangga nada. Garis melodi two-handed tapping arpeggio dibentuk oleh rangkaian motif-motif yang berkorelasi langsung dengan harmoni atau akor yang menyertainya. Kata Kunci: Two-handed tapping, Felix Martin, High Spirit.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91221# | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Two-handed tapping, Felix Martin, High Spirit | |||||||||
Subjects: | Musik > Penyajian musik (musik pertunjukan dan pop-jazz) | |||||||||
Depositing User: | samiyati SM samiyati | |||||||||
Date Deposited: | 03 Nov 2020 03:22 | |||||||||
Last Modified: | 03 Nov 2020 03:22 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7098 |
Actions (login required)
View Item |