Tatah Timbul Hozpit: Kajian Visual dan Proses Kreatif

MAHENDRA, Yonata Buyung (2020) Tatah Timbul Hozpit: Kajian Visual dan Proses Kreatif. Masters thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (916kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (451kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (334kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Hozpit merupakan sebuah brand yang bergerak di bidang tatah timbul kulit. Hozpit berasal dari kata House of Pirates, yang berarti rumah bajak laut. Melalui hal tersebut tentunya karya yang diciptakan oleh Hozpit sebagian besar bernuansa bajak laut. Tatah timbul sendiri merupakan industri lama yang ada di Yogyakarta. Banyaknya seniman lokal pembuat karya tatah timbul merupakan buktinya. Akan tetapi pengulangan bentuk, motif dan warna seringkali dilihat dari karya seniman lokal tersebut. Celah tersebut dimanfaatkan Hozpit untuk berkarya dan bereksperimen. Masalahnya kemudian adalah mengapa Hozpit memiliki ketertarikan pada tatah timbul kulit. Penelitian ini diharapkan dapat memetakan alasan seniman sehingga terlihat darimana referensi, preferensi, dan identitas seniman terbentuk.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan batasan sampel 3 produk serta narasumbernya adalah seniman yang ada di belakang Hozpit. Validitas dari pengamatan peneliti dibuktikan dengan hasil wawancara yang dilakukan. Teori yang digunakan adalah teori kritik seni dari Feldman untuk membahas bagian visual dan Gustami untuk menelusur proses kreatifnya. Hasilnya tatah timbul kulit dari Hozpit merupakan wujud akumulasi seniman terhadap dorongan, informasi, dan pengetahuan pasar yang dimiliki secara utuh. Proses kreatif dan visualisasi gagasan yang tercipta pada karya merupakan bentuk manifestasi yang utuh untuk kemudian digunakan mempengaruhi konsumen.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM
MAHENDRA, Yonata Buyungnim1821179412
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSupriaswoto, Supriaswotonidn0008046003
Department: KODEPRODI91101#PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI
Uncontrolled Keywords: Brand, tatah timbul, kulit, kreatif, visual, Hozpit
Subjects: Kriya > Kriya Kulit
Divisions: Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni
Depositing User: FL Agung Hartono
Date Deposited: 18 Nov 2020 02:33
Last Modified: 18 Nov 2020 02:33
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7146

Actions (login required)

View Item View Item