Setyawan, Candra Bangun (2021) Eksperimentasi Teknik Alphabet Melalui Pendekatan Permutasi Dalam Karya Musik Quotation. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Candra Bangun Setyawan_2021_Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
|
Text
Candra Bangun Setyawan_2021_BAB I.pdf Download (4MB) |
|
Text
Candra Bangun Setyawan_2021_BAB V.pdf Download (249kB) |
|
Text
Candra Bangun Setyawan_2021_Naskah Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Candra Bangun Setyawan_2021_Lampiran.pdf Download (1MB) |
|
Text
Candra Bangun Setyawan_2021_Peryataan Persetujuan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) | Request a copy |
Abstract
Penggunaan model pembelajaran yang tidak tepat pada materi mencipta musik kontemporer telah memberi dampak terhadap tidak tercapainya target ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya di kelas XII (SMA). Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membuat prosedural komposisi berbasis alphabet sebagai tawaran dalam membuat model pembelajaran yang fleksibel, akurat dan efisien. Namun, untuk membuat alphabet sebagai prosedural komposisi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran diperlukan pertimbangan pada pengaturan aspek-aspek musikal. Penciptaan ini menerapkan sintesis dan eksperimetasi teknik alphabet, permutasi, dan quotation berdasarkan hubungan ekstra-musikal dan intra-musikal yang berpijak pada masalah penelitian. Metode yang penulis gunakan dalam penciptaan prosedural komposisi berbasis alphabet adalah metode kualitatif dengan fokus pada pendekatan multi-method, yaitu studi kasus instrument dan Practice-led research. Penciptaan ini terdiri dari tiga komponen utama: (1) Pengumpulan data, (2) Proses penciptaan, dan (3) Evaluasi. Komponen-komponen ini digunakan relatif bersamaan, dan mempengaruhi satu sama lain. Hasil penelitian penciptaan ini adalah algoritma komposisi dalam bentuk prosedural dengan pertimbangan pada pengaturan aspek-aspek musikal yang berpotensi terhadap keseimbangan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Prosedural alphabet dimungkinkan dapat mendorong guru dalam membuat model pembelajaran yang fleksibel, akurat dan efisien dengan kondisi di sekolah, khususnya dalam kategori pendekatan model pembelajaran Project-Based Learning.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI91101#PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Prosedural, Aspek musikal, Alphabet, Model pembelajaran. | ||||||
Subjects: | Musik > Komposisi Musik Penciptaan dan pengkajian seni |
||||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni | ||||||
Depositing User: | Candra Bangun Setyawan | ||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2021 07:03 | ||||||
Last Modified: | 13 Feb 2021 07:03 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7436 |
Actions (login required)
View Item |