Sinulingga, Teberia br (2021) Penerapan Prosedur Imreh pada Mahasiswa Piano Institut Seni Indonesia Yogyakarta dalam Sonata Phatetique. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Teberia br Sinulingga_2021_FULL TEKS.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
|
Text
Teberia br Sinulingga_2021_BAB I.pdf.pdf Download (10MB) |
|
Text
Teberia br Sinulingga_2021_BAB PENUTUP.pdf.pdf Download (10MB) |
|
Text
Teberia br Sinulingga_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf.pdf Download (5MB) |
|
Image
Teberia br Sinulingga_2021_LAMPIRAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
|
Text
Teberia br Sinulingga_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) | Request a copy |
Abstract
Sebagai mahasiswa musik, latihan adalah satu kewajiban yang harus dilakukan agar dapat menyelesaikan matakuliah instrument. Hanya saja hasil kuesioner dengan mahasiswa piano, mahasiswa mengalami kesulitan menentukan target selama latihan. selain itu mahasiswa juga kesulitan dalam memilih untuk melatih interpretasi atau teknik terlebih dahulu, yang akhirnya latihan menjadi kurang efektif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti melakukan penerapan prosedur latihan Gabriela Imreh kepada salah satu mahasiswa piano Angkatan 2019 dalam proses latihan karya Sonata Phatetique Movement III Rondo karya Beethoven. Peneliti memilih prosedur latihan ini karena melihat Roger Chaffin merangkum proses latihan piano dengan struktur yang jelas. Latihan terbagi menjadi tiga dimensi, pertama dimensi dasar, dimensi interpretatif, dan ketika performance cues. Prosedur latihan Imreh memberi target yang ingin dicapai pada setiap dimensinya dimulai dari awal memulai latihan, membahas interpretasi, dan proses menghapal. Penerapan prosedur latihan ini dilakukan dalam 13 kali pertemuan, dimana 9 pertemuan dilakukan melalui video call, 1 pertemuan dilakukan di rumah mahasiswa, dan 3 kali pertemuan dilakukan di kampus. Setelah penerapan latihan selesai, mahasiswa beranggapan bahwa prosedur latihan Imreh membantunya dalam memahami apa yang sedang ia mainkan. Mempunyai target setiap kali latihan, memberikan efek pada perkembangan latihannya karna latihan lebih terarah dan mengetahui fokus yang ingin ia tuju. Dengan hasil ini, peneliti mengambil kesimpulan bahwa prosedur latihan ini dapat menjadi salah satu pilihan yang dapat digunakan mahasiswa dalam latihan sehari-hari untuk membantu latihan lebih terstuktur.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91221#MUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Prosedur Imreh, Chaffin, Latihan Piano, Sonata Phatetique | |||||||||
Subjects: | Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | teberia br sinulingga | |||||||||
Date Deposited: | 19 Feb 2021 04:54 | |||||||||
Last Modified: | 19 Feb 2021 04:54 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7755 |
Actions (login required)
View Item |