Irsyad, Mukhammad (2020) Falsafah Yogyakarta Hamemayu Hayuning Bawono Dalam Integritas Struktural Pada Batik Dengan Gaya Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (328kB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
Text
JURNAL.pdf Download (561kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penciptaan karya seni ini berasal dari rasa ketertarikan pada sebuah hadist yang selaras dengan upacara yang diselenggarakan oleh keraton Yogyakarta. Upacara itu bertujuan mendoakan keselamatan sultan, keluarga, dan rakyat Yogyakarta pada umumnya. Upacara yang diselenggarakan merepresentasikan falsafah Hamemayu Hayuning Bawono. Upacara tersebut akan di eksplorasi dan dikembangkan dengan daya imajinasi serta kreativitas sehingga tercipta sebuah karya seni batik yang unik. Metode pendekatan yang digunakan dalam penciptaan ini adalah pendekatan integrasi struktural dan pendekatan estetika. Metode yang digunakan dalam penciptaan ini adalah metode penciptaan Prof. SP. Gustami, sehingga dengan demikian menjadikan karya yang tidak hanya berbobot secara visual namun juga secara konseptual. Teknik yang digunakan adalah teknik pewarnaan celup, teknik batik tulis, dan teknik batik cap berbahan kertas. Karya yang diciptakan berupa tiga macam karya. Pertama tiga buah karya berbentuk panel, terbuat dari teknik batik cap kertas dan pewarnaan celup. Proses pewarnaan terdiri dari tiga kali celup, warna biru dan dua tahap warna coklat. Karya ini mengunakan konsep selarasnya hadist dengan tempat upacara. Kedua ada tiga karya berbentuk kain panjang. Teknik pengerjaan batik tulis dan ada satu karya yang dikombinasikan dengan batik cap. Karya ini bersumber dari ubarampe di ketiga upacara yang diambil menjadi motif yaitu sekar layon, apem, dan kembang setaman. Ketiga ada dua karya berbentuk selendang. Karya selendang pertama gabungan dari motif karya panel, karya selendang kedua gabungan dari tiga motif di karya kain panjang. Teknik yang digunakan pewarnaan tutup celup. Warna coklat berasal dari zat naptol soga 91 yang di aplikasikan secara pencelupan. Warna coklat bergradasi menjadikan bentuk kelopak bunga memiliki kedalaman warna.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90212#BATIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | batik, upacara, cap kertas, falsafah | |||||||||
Subjects: | Kriya > Kriya Tekstil | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Kriya > Kriya Tekstil | |||||||||
Depositing User: | Bandono BD Bandono | |||||||||
Date Deposited: | 27 Apr 2021 05:17 | |||||||||
Last Modified: | 27 Apr 2021 05:17 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8310 |
Actions (login required)
View Item |