Perancangan Animasi Dua Dimensi “Pengenalan Adab Makan Dan Minum Dalam Islam Untuk Anak Sekolah Dasar”

Shearly Chintya Dewi, 1012008024 (2015) Perancangan Animasi Dua Dimensi “Pengenalan Adab Makan Dan Minum Dalam Islam Untuk Anak Sekolah Dasar”. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (813kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id/

Abstract

Perancangan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kesadaran Muslim saat ini tentang pentingnya mengaplikasikan adab dalam Islam dalam kehidupannya sehari-hari, terutama adab makan dan minum. Hal ini terbukti dengan adanya trend standing party, sering juga ditemui seorang Muslim saat makan dan minum sambil berdiri maupun berjalan, makan dengan tangan kanan namun ketika minum menggunakan tangan kiri, mencela makanan yang dimakan dengan mengatakan “tidak enak” dan lain sebagainya. Perilaku-perilaku ini tentu tidak sesuai dengan ajaran adab yang telah diajarkan oleh Rasulullah. Hal ini terjadi bukan karena mereka tidak tahu dan tidak paham tentang adab makan dan minum yang benar dalam Islam, namun karena sebagian besar dari mereka menganggap melanggar hal-hal kecil tersebut sebagai sesuatu yang lumrah, kemudian perilaku dilakukan terus-menerus sehingga menjadi suatu kebiasaan. Maka dari itu perlunya penanaman kebiasaan baik seperti adab makan dan minum ini sejak dini pada anak-anak. Perancangan ini menggunakan media film animasi 2D dalam memperkenalkan adab makan dan minum kepada anak-anak Sekolah Dasar. Proses pembuatan film animasi 2D ini ialah dengan teknik penggambaran secara manual di atas kertas lalu dipindah ke dalam komputer menjadi file digital. Pemberian warna, penyusunan gambar menjadi gerakan animasi, penambahan background, dan efek suara, hingga menjadi sebuah film animasi, semuanya dilakukan secara digital. Hasil akhir dari perancangan ini ialah film animasi ini dibuat dengan menggunakan pendekatan cerita petualangan di dunia imajinatif makanan dan minuman raksasa, menggunakan warna-warna yang cerah sesuai dengan selera anak-anak, Hasil perancangan akan dipasarkan kepada audience dengan menggunakan media DVD film yang didistribusikan oleh Kastari Animation Studio.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Shearly Chintya Dewi, 1012008024UNSPECIFIED
Department: Program S-1 Disain Komunikasi Visual pada Fakultas Seni Rupa
Uncontrolled Keywords: Animasi, Edukasi, Adab Makan, Adab Minum, perancangan
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Ida ID Sriwahjudewi
Date Deposited: 19 Nov 2015 05:09
Last Modified: 19 Nov 2015 05:09
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/863

Actions (login required)

View Item View Item