Prima Sari, Lisa (2021) Metode Pembelajaran Tari Angguk Putri Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu Di Sanggar Seni Sripanglaras, Pripih, Kokap, Kulon Progo. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
LISA PRIMA S_2021_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
LISA PRIMA S_2021_BAB I.pdf Download (539kB) |
|
Text
LISA PRIMA S_2021_BAB V.pdf Download (81kB) |
|
Text
LISA PRIMA S_2021_JURNAL.pdf Download (238kB) |
|
Text
From Pernyataan.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) | Request a copy |
Abstract
Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tunarungu merupakan anak keterbatasan fisik dalam masalah pendengarannya, tentunya anak tunarungu berhak menerima pendidikan khususnya pendidikan seni, sehingga pembelajaran seni yang diberikan memerlukan metode yang sesuai dengan kondisi anak agar materi yang diberikan tersampaikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode yang digunakan dalam pembelajaran Tari Angguk Putri Pada Anak Berkebutuhan Khusus tunarungu di Sanggar Seni Sripanglaras Pripih, Hargomulyo, Kokap, Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan melalui observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Teknik validasi yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik. Triangulasi sumber dalam penelitian ini dengan cara mengecek sumber data dari ketua sanggar, pelatih, dan murid sanggar dan triangulasi teknik mengecek kebenaran data dari observasi dan wawancara. Kemudian data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran Tari Angguk Putri pada anak berkebutuhan khusus tunarungu menggunakan metode demonstrasi, metode imitasi, metode latihan (drill), dan metode isyarat. Terdapat teknik-teknik yang ditemukan dalam pembelajaran Tari Angguk Putri dengan metode isyarat yaitu speechreading yang artinya membaca bahasa ujaran melalui gerak bibir dan cued speech bahasa gerakan tangan yang melengkapi bahasa ujaran dan teknik aba-aba. Penggunaan metode tersebut sesuai digunakan dengan melihat kondisi fisik anak. Kata kunci: Tari Angguk Putri, Anak Berkebutuhan Khusus, Metode Pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209 #PENDIDIKANSENIPERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Tari Angguk Putri, Anak Berkebutuhan Khusus, Metode Pembelajaran. | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | Lisa Prima Sari | |||||||||
Date Deposited: | 19 Aug 2021 07:06 | |||||||||
Last Modified: | 19 Aug 2021 07:06 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8889 |
Actions (login required)
View Item |