Strategi Personal Branding Pada Penyanyi Live Music di Hotel Neo Malioboro dan Cafe Silol Yogyakarta

Yulita Fatmasari, Indah (2019) Strategi Personal Branding Pada Penyanyi Live Music di Hotel Neo Malioboro dan Cafe Silol Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Indah Yulita Fatmasari_2020_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Indah Yulita Fatmasari_2020_BAB I.pdf

Download (974kB)
[img] Text
Indah Yulita Fatmasari_2020_BAB IV.pdf

Download (236kB)
[img] Text
Indah Yulita Fatmasari_2020_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (981kB) | Request a copy
[img] Text
Indah Yulita Fatmasari_2020_JURNAL.pdf

Download (226kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Menjadi seorang musisi aktif masa kini bisa menghasilkan pekerjaan yang layak apalagi jika didukung oleh pencitraan diri yang baik melalui media sosial. Hal tersebut dialami pula oleh penyanyi live music. Pertambahan jumlah hotel dan cafe serta persaingan yang makin ketat membuat mereka harus pandai-pandai menampilkan personal branding yang baik. Oleh karena itu penelitian ini memfokuskan pada cara penyanyi live music mem-branding dirinya dan mengupas aktivitas-aktivitas yang mendukung upaya pem-brandingan diri tersebut. Melalui metode penelitian kualitatif dengan purposive sampling penyanyi live music yaitu Devi dan Tami serta pilihan lokasi di Hotel Neo Malioboro Yogyakarta dan Cafe Silol di pusat Kota Yogyakarta dikumpulkan data penelitian melalui kegiatan wawancara dengan pelaku, observasi lingkungan pekerjaan, dan akitivitas bermusik. Melalui analisis interpretatif ditemukan bahwa kedua sampel melakukan aktivitas personal branding dengan menggunakan media sosial Instagram dan Youtube. Konten video dibuat menggunakan materi cover lagu artis populer Indonesia dan mancanegara. Fakta bahwa mereka harus siap bernyanyi selama sekitar empat jam mendorong Devi dan Tami melakukan persiapan fisik yang optimum, selalu memperbaharui perbendaharaan lagu, dan mempersiapkan dengan matang setiap aktivitas penampilan mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Yulita Fatmasari, Indahnim15100450131
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorKustap, Kustapnidn0001076707
ContributorBintarto Triprasetyo, A. Gathutnidn0004097406
Department: KODEPRODI91221#SENI MUSIK
Uncontrolled Keywords: Strategi, Personal Branding, Musik, Penyanyi Live Music
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: sugeng SW wahyuntini
Date Deposited: 16 Aug 2021 07:17
Last Modified: 16 Aug 2021 07:17
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8954

Actions (login required)

View Item View Item