Madyasmoro, Ganang (2020) Pembelajaran Paduan Suara Mahasiswa Ahda Gitana Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Skripsi Tugas Akhir Ganang Madyasmoro NIM 15100510132.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
Text
BAB I Pendahuluan.pdf Download (8MB) |
|
Text
BAB V Penutup.pdf Download (631kB) |
|
Text
Jurnal Ganang Madyasmoro.pdf Download (1MB) |
Abstract
Paduan suara mahasiswa Ahda Gitana merupakan salah satu paduan suara mahasiswa yang ada di Yogyakarta. Mayoritas anggota paduan suara mahasiswa ahda gitana berasal dari kalangan mahasiswa yang tidak mempelajari musik secara formal, selain itu rata-rata anggota paduan suara mahasiswa ahda gitana masih minim pengalaman dalam bernyayi pada suatu kelompok paduan suara. Namun pada tahun 2018 dan 2019, paduan suara mahasiswa ahda gitana mengalami peningkatan prestasi dibanding pada tahun sebelumnya dengan mendapatkan medali perak pada lomba paduan suara UGM tingkat nasional, melihat dari peningkatan prestasi tersebut peneliti mempunyai ketertarikan dan tujuan untuk mengetahui lebih jauh tentang bagaimana pembelajaran yang diterapkan oleh paduan suara mahasiswa ahda gitana. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dimana peneliti melakukan eksplorasi secara mendalam terhadap program, kejadian, proses, aktivitas, terhadap satu orang atau lebih. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, setelah itu peneliti melakukan analisis data, proses analisis data dimulai dari persiapan dan pengorganisasian data melalui reduksi data, penyanjian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan yang didapatkan yaitu proses pembelajaran yang diterapkan oleh paduan suara mahasiswa ahda gitana. Proses pembelajaran tersebut meliputi kelas teori musik (one day training), latihan seksional, latihan gabungan, dan konser. Dalam pembahasannya terdapat empat metode pembelajaran yang diterapkan di paduan suara mahasiswa ahda gitana yaitu metode demonstrasi, metode ceramah, metode imitasi, dan juga metode drill. Selain itu vokalisi yang dilakukan dalam pembelajaran paduan suara mahasiswa ahda gitana menerapkan tiga aspek, yakni aspek pernafasan, aspek artikulasi, dan juga aspek interval
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Paduan Suara, Ahda Gitana | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | IH Nurcahyadi Nurcahyadi | |||||||||
Date Deposited: | 13 Oct 2021 08:30 | |||||||||
Last Modified: | 13 Oct 2021 08:30 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10169 |
Actions (login required)
View Item |