Penerapan Metode Picture and Picture Dalam Pembelajaran Tari di SMP Negeri 1 Sewon

Shafira Kaban, Ira (2022) Penerapan Metode Picture and Picture Dalam Pembelajaran Tari di SMP Negeri 1 Sewon. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Ira Shafira Kaban_2022_Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Ira Shafira Kaban_2022_Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ira Shafira Kaban_2022_Bab Penutup.pdf

Download (630kB)
[img] Text
Ira Shafira Kaban_2022_Naskah Publikasi.pdf

Download (365kB)
[img] Text
form-PERNYATAAN-PERSETUJUAN-PUBLIKASI-REVISI-docx.pdf

Download (100kB)

Abstract

Pembelajaran di SMP Negeri 1 Sewon memiliki kendala pada mata pelajaran tari yang ditemukan pada salah satu kelas. Terdapat kelas yang terlihat kurang aktif dalam proses pembelajaran tari sehingga peneliti ingin menerapkan metode Picture and Picture pada pembelajaran tari. Metode Picture and Picture merupakan metode yang menggunakan alat bantu media gambar untuk menerangkan atau menjelaskan materi. Metode pembelajaran ini mengutamakan adanya kelompok-kelompok untuk mengurutkan gambar menjadi urutan yang benar.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran menggunakan metode Picture and Picture dan mengetahui adanya perubahan dalam pembelajaran tari di dalam kelas VII D SMP Negeri 1 Sewon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik validasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Triangulasi sumber dalam penelitian ini dengan cara mengecek sumber data dari berbagai siswa dan guru seni budaya, dalam hal ini terdapat siswa yang dijadikan sumber data dan guru seni budaya. Triangulasi teknik mengecek kebenaran data dari wawancara, observasi dan dokumentasi.Kemudian data yang diperoleh diolah dan dianalisa dengan tahap reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran tari dengan menggunakan metode Picture and Picture di kelas VII D berlangsung dengan kondusif. Para siswa mengalami peningkatan nilai dan menunjukkan banyak interaksi dari yang semula pasif karena pembelajaran daring menjadi aktif dengan menggunakan metode Picture and Picture.Nilai rata rata yang dihasilkan siswa juga terlihat meningkat yaitu dari 89,3 menjadi 91,2

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Shafira Kaban, Iranim1710153017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorOctavianingrum, Dillanidn008109103
UNSPECIFIEDDjatmiko, Gandungnidn0004116108
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: pembelajaran tari, metode picture and picture, pembelajaran daring
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Ira Shafira Kaban
Date Deposited: 26 Jun 2022 15:11
Last Modified: 26 Jun 2022 15:11
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10478

Actions (login required)

View Item View Item