Metode Jigsaw sebagai Strategi Pembelajaran Rekorder bagi Siswa Kelas VIII A di SMP Negeri 2 Sewon

Amri, Ashlih (2022) Metode Jigsaw sebagai Strategi Pembelajaran Rekorder bagi Siswa Kelas VIII A di SMP Negeri 2 Sewon. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
Ashlih Amri_2022_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
Ashlih Amri_2022_BAB I.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Ashlih Amri_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text
Ashlih Amri_2022_BAB V (PENUTUP).pdf

Download (7MB)
[img] Text
Ashlih Amri_2022_JURNAL.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Ashlih Amri_2022_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar memainkan alat musik rekorder di SMP Negeri 2 Sewon. Penelitian ini dilatar belakangi karena menemukan permasalahan dalam proses pembelajaran alat musik rekorder. Guru masih menggunakan metode ceramah dan demonstrasi yang mengakibatkan siswa menjadi pasif dan bosan. Hal itu juga mengakibatkan banyak siswa yang teknik memainkan rekordernya tidak benar. Oleh karena itu penulis mencoba memberikan alternatif solusi dengan menggunakan metode jigsaw. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A. Objek dari penelitian ini adalah pembelajaran rekorder, sedangkan subjek dari penelitian adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 32 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan dalam beberapa siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan tindakan perbaikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode jigsaw efektif untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran. Siswa menjadi lebih aktif dan hasil nilai praktik memainkan rekorder pada kelas ini meningkat, yang pada awalnya nilai rata-rata kelas 78, setelah diterapkan metode jigsaw nilai rata-rata yang diperoleh naik menjadi 82. Kata Kunci: metode jigsaw; strategi pembelajaran; alat musik rekorder.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Amri, Ashlihnim18101720132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorTresna Yunita, Ayunidn0021067704
ContributorRamafisela, Lingganidn0010039204
Department: KODEPRODI87121#PENDIDIKANMUSIK
Uncontrolled Keywords: metode jigsaw; strategi pembelajaran; alat musik rekorder.
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Ashlih Amri
Date Deposited: 08 Aug 2022 01:53
Last Modified: 08 Aug 2022 01:53
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11696

Actions (login required)

View Item View Item