Indrasanjaya, Rian (2022) Audiovisual sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Tari Tradisional di Kelas VIII SMP Negeri 11 Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Rian Indrasanjaya_2022_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
Rian Indrasanajaya_2022_BAB I.pdf Download (747kB) |
|
Text
Rian Indrasanjaya_2022_BAB PENUTUP.pdf Download (250kB) |
|
Text
Rian Indrasanajaya_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (607kB) |
|
Text
Rian Indrasanjaya_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN_PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
Abstract
Kegiatan evaluasi di akhir proses pembelajaran dapat membantu menentukan sejauh mana tujuan-tujuan pembelajaran yang telah dicapai serta mengetahui baik atau buruk, benar atau salah, dan sebagainya, hal ini akan menentukan keberhasilan guru sebagai evaluator dalam melaksanakan tindakan evaluasi yang harus dijalankan. Evaluasi yang dilakukan pada pembelajaran Seni Budaya materi tari (tari tradisional) semester ganjil di kelas VIII SMP Negeri 11 Yogyakarta pada saat pandemi COVID-19 dilakukan melalui media audiovisual untuk menyampaikan soal kepada siswa. Media audiovisual digunakan karena pemahaman siswa dalam memahami soal dalam bentuk tulisan sangat kurang, terlihat dengan jawaban siswa tak sesuai dengan maksud dari soal tersebut. Oleh karena itu, dilakukan kembali untuk melihat dan mengetahui hasil evaluasi pada materi tari di semester genap dengan kondisi sekolah yang sudah melakukan pembelajaran tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan evaluasi pembelajaran tari tradisional berbasis audiovisual di kelas VIII SMP Negeri 11 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan objek audiovisual sebagai media evaluasi di kelas VIII SMP Negeri 11 Yogyakarta. Sumber data yang diperoleh adalah guru Seni Budaya dan siswa sebagai data primer. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validasi dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dalam bentuk narasi atau uraian, dan verifikasi data. Hasil penelitian penggunaan video pada evaluasi pembelajaran tari tradisional dilakukan saat ulangan harian sebagai media penyampaian soal kepada siswa dengan menampilkan beberapa gambar, video tari tradisional, dan sound slide. Media video diberikan kepada siswa melalui laman Youtube yang dapat didengar dan dilihat dengan menggunakan handphone masing-masing siswa. Media video ini memberikan dampak baik dengan dibuktikan oleh nilai ulangan harian yang didapatkan siswa di semester ganjil yaitu delapan puluh tujuh (87) siswa dari seratus enam (106) siswa berhasil mendapatkan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM: 73) dan sembilan belas (19) siswa belum mencapai KKM. Di semester genap yaitu delapan puluh satu (81) siswa dari sembilan puluh tiga (93) siswa berhasil mendapatkan nilai di atas KKM dan dua belas (12) siswa belum mencapai KKM. Dengan demikian, nilai ulangan harian di semester ganjil 2021/2022 dan semester genap 2021/2022 dari penggunaan video sebagai media evaluasi mengalami peningkatan. Penggunaan video sebagai media evaluasi memberikan hasil capaian lebih memuaskan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kualitas evaluasi menggunakan video sangat baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209#PENDIDIKANSENIPERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | media audiovisual, evaluasi pembelajaran, dan pembelajaran tari tradisional. | |||||||||
Subjects: | Audio Visual Pendidikan Seni Pertunjukan |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | Rian Indrasanjaya | |||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2022 05:51 | |||||||||
Last Modified: | 29 Aug 2022 04:09 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12102 |
Actions (login required)
View Item |