Strategi Pembelajaran Teknik Vokal dalam Ekstrakurikuler Musik pada Masa Pandemi Covid-19 di Smp Negeri 1 Bantul Yogyakarta

Benedikta Dowa, Theresia (2022) Strategi Pembelajaran Teknik Vokal dalam Ekstrakurikuler Musik pada Masa Pandemi Covid-19 di Smp Negeri 1 Bantul Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Theresia Benedikta Dowa_2022_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text
Theresia Benedikta Dowa_2022_BAB I.pdf

Download (13MB)
[img] Text
Theresia Benedikta Dowa_2022_BAB PENUTUP.pdf

Download (12MB)
[img] Text
Theresia Benedikta Dowa _2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text
Theresia Benedikta Dowa_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini yaitu adanya fenomena keberadaan kagiatan ekstrakurikuler musik yang aktif dilakukan sebelum maupun selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam kegiatan ekstrakurikuler musik di SMP Negeri 1 Bantul Yogyakarta pada masa pandemi covid-19. Fokus dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran teknik vokal dalam ekstrakurikuler musik yang meliputi perencanaan pembelajaran ekstrakurikuler musik, strategi pembelajaran dan hambatan-hambatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran teknik vokal dalam ekstrakurikuler musik, sedangkan subjek penelitian ini adalah guru pembimbing ekstrakurikuler musik, pelatih vokal, wakil kepala sekolah SMP Negeri 1 Bantul dan peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler musik pada masa pandemi covid-19. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Teknik validasi data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran teknik vokal dalam ekstrakurikuler musik menggunakan dua strategi pembelajaran yaitu strategi pembelajaran ekspositori dan strategi pembelajaran afektif. Penggunaan strategi pembelajaran ekspositori dalam kegiatan ekstrakurikuler musik khususnya materi teknik vokal dapat terlaksana dengan baik. Hal tersebut dilihat dari peserta didik yang dapat bernyanyi menggunakan teknik vokal yang baik dan benar dan dilihat dari prestasi peserta didik dalam berbagai kejuaraan di berbagai perlombaan bernyanyi. Sedangkan strategi pembelajaran afektif proses mendorong peserta didik untuk memiliki rasa tanggung jawab dan kedisiplinan dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler musik. Penggunaan strategi tersebut sudah tepat untuk pembelajaran teknik vokal dalam ekstrakurikuler musik pada masa pandemi covid19 karena peserta didik dapat memahami materi yang disampaikan dengan baik dan peserta didik disiplin dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler musik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Benedikta Dowa, Theresianim1810207017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorDjatmiko, Gandungnidn0004116108
ContributorHeldisari, Hananidn0029059003
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran, teknik vokal, ekstrakurikuler, ekspositori, afektif
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Theresia Benedikta Dowa
Date Deposited: 20 Aug 2022 09:20
Last Modified: 20 Aug 2022 09:20
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12114

Actions (login required)

View Item View Item