Manajemen Pembelajaran Ekstrakurikuler Musik Angklung dan Gitar di SMP IT Ar Raihan Bantul Yogyakarta

Wiritanaya, Reni (2022) Manajemen Pembelajaran Ekstrakurikuler Musik Angklung dan Gitar di SMP IT Ar Raihan Bantul Yogyakarta. Skripsi thesis, ISI YOGYAKARTA.

[img] Text
RENI WIRITANAYA_2022_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
RENI WIRITANAYA_2022_BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
RENI WIRITANAYA_2022_BAB V.pdf

Download (372kB)
[img] Text
RENI WIRITANAYA_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (545kB)
[img] Text
RENI WIRITANAYA_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB) | Request a copy
Official URL: http://digilib.isi.ac.id/

Abstract

Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Ar Raihan (SMPIT Ar Raihan) merupakan sekolah menengah swasta yang mengintegrasikan Sains dan Al-Quran. SMPIT Ar Raihan menawarkan adanya ekstrakurikuler seni, khususnya seni musik. Penelitian ini membahas tentang “Manajemen Pembelajaran Ekstrakurikuler Musik Angklung dan Gitar di SMPIT Ar Raihan Bantul Yogyakarta”, pada ekstrakurikuler musik angklung dan gitar terdapat kurangnya fasilitas namun tetap memperoleh prestasi. Permasalahan tersebut diteliti khususnya pada fungsi manajemen yaitu cara merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pengelolaan manajemen pembelajaran yang terdapat pada ekstrakurikuler musik angklung dan gitar di SMPIT Ar Raihan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menerapkan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengelola pendidik atau guru pembimbing ekstrakurikuler musik angklung dan gitar. Teknik validasi data yang digunakan yaitu teknik trianggulasi sumber, dalam penelitian ini dengan cara mengecek sumber data dari koordinator proses pembelajaran ekstrakurikuker musik angklung dan gitar untuk mengetahui proses manajemen pembelajaran pada ekstrakurikuler musik angklung dan gitar di SMPIT Ar Raihan Bantul Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran pada kegiatan ekstrakurikuler musik angklung dan gitar di SMPIT Ar Raihan Bantul Yogyakarta terlaksana dengan baik. Manajemen tersebut dimulai dari tahap pertama yaitu tahap perencanaan, tahap perencanaan untuk merencanakan materi kegiatan, pendidik dan peserta didik, media dan sumber, serta waktu pembelajaran. Tahap kedua yaitu tahap pelaksanaan, pelaksanaan pembelajaran terkadang tidak sesuai dengan perencanaan, hal tersebut dikarenakan beberapa faktor seperti kendala waktu yang bersamaan dengan kegiatan sekolah dalam proses pembelajaran. Tahap ketiga yaitu tahap pengorganisasian, tahap pengorganisasian bertujuan untuk mengatur kegiatan ekstrakurikuler. Tahap keempat yaitu tahap evaluasi, tahap evaluasi untuk kegiatan ekstrakurikuler dan refleksi kekurangan dari proses manajemen pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler musik angklung dan gitar di SMPIT Ar Raihan Bantul Yogyakarta. Kata kunci: manajemen pembelajaran, ekstrakurikuler musik angklung dan gitar, SMPIT Ar Raihan Bantul Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Wiritanaya, Reninim1810173017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorDjadmiko, Gandungnidn0004116108
ContributorMartin Simamora, Roynidn0024109007
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: : manajemen pembelajaran, ekstrakurikuler musik angklung dan gitar, SMPIT Ar Raihan Bantul Yogyakarta. manajemen pembelajaran, ekstrakurikuler musik angklung dan gitar, SMPIT Ar Raihan Bantul Yogyakarta.
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Reni Wiritanaya
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:00
Last Modified: 22 Aug 2022 04:00
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12165

Actions (login required)

View Item View Item