Nirmala Dewi, Rima (2022) Pembelajaran Paduan Suara pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Bantul. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.
Text
Rima Nirmala Dewi_2022_SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
Rima Nirmala Dewi_2022_SKRIPSI BAB I.pdf Download (743kB) |
|
Text
Rima Nirmala Dewi_2022_SKRIPSI BAB V (Penutup).pdf Download (430kB) |
|
Text
Rima Nirmala Dewi_2022_SKRIPSI Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Rima Nirmala Dewi_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (523kB) |
|
Text
Rima Nirmala Dewi_2022_PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian dengan judul “Pembelajaran Paduan Suara pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Bantul” berlatar belakang banyaknya peminat yang mengikuti ekstrakurikuler di sekolah dan menjuarai lomba tingkat kabupaten dan provinsi meskipun ada kekurangan fasilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran kegiatan tersebut dengan fokus pembahasannya pada awal perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi kegiatan sebelum dimulainya proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek pada penelitian ini adalah manajemen pembelajaran paduan suara di SMP Negeri 2 Bantul, sedangkan subjek penelitian ini adalah pelatih paduan suara, wakil kurikulum, dan peserta didik. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode, sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian kualitatif mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara menggunakan tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian. Perencanaan meliputi mempersiapkan rekrutmen peserta didik, tujuan adanya kegiatan ekstrakurikuler paduan suara, pemilihan pelatih, penyusunan materi ajar, jadwal kegiatan, dan tempat latihan. Pada pelaksanaan terdapat pengajaran teknik dasar bernyanyi, latihan pemanasan, membaca notasi, dan sikap tubuh. Pada tahap evaluasi dilakukan penilaian afektif, kognitif, dan psikomotik. Kekurangan yang ada dalam proses pembelajaran paduan suara yaitu kurangnya fasilitas ruangan untuk berlatih dan kehadiran anggota paduan suara yang tidak dapat diprediksi. Faktor internal yang mempengaruhi keberhasilan paduan suara yaitu kompetensi profesional yang dimiliki oleh pelatih dan faktor eksternal yang mempengaruhi proses pembelajaran paduan suara adalah media pembelajaran yang lengkap untuk menunjang proses berlatih paduan suara. Kata kunci: proses pembelajaran, ekstrakurikuler paduan suara, teknik bernyanyi
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: proses pembelajaran, ekstrakurikuler paduan suara, teknik bernyanyi | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan Seni Musik |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | Rima Nirmala Dewi | |||||||||
Date Deposited: | 24 Aug 2022 00:53 | |||||||||
Last Modified: | 25 Aug 2022 01:14 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12255 |
Actions (login required)
View Item |