Penerapan Pendekatan Saintifik Pada pembelajaran Tari kelas VII C Semester Gasal di SMP Negeri 1 Yogyakarta

Sari, Dwi Yunita (2022) Penerapan Pendekatan Saintifik Pada pembelajaran Tari kelas VII C Semester Gasal di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
DWI YUNITA SARI_2022_FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
DWI YUNITA SARI_2022_BAB I.pdf

Download (769kB)
[img] Text
DWI YUNITA SARI_2022_BAB V.pdf

Download (268kB)
[img] Text
DWI YUNITA SARI_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (600kB)
[img] Text
DWI YUNITA SARI_2022_PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Pembelajaran di SMP Negeri 1 Yogyakarta terdapat kendala pada mata pelajaran tari yang ditemukan pada salah satu kelas. Terdapat kelas yang terlihat kurang aktif dalam proses pembelajaran tari, sehingga guru menggunakan pendekatan saintifik dengan tambahan media pembelajaran dalam proses pembelajarannya. Pendekatan saintifik merupakan pendekatan yang menggunakan metode ilmiah dalam kegiatan pembelajaran dan memberikan ruang pada peserta didik secara luas dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran tari kelas VII C semester gasal di SMP Negeri 1 Yogyakarta Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik validasi yang digunakan adalah teknik triangulasi wawancara, dokumentasi dan observasi karena bersifat dapat menggabungkan dari berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran tari dengan menerapkan pendekatan saintifik di kelas VII C berlangsung kondusif dengan tahapan mengamati, menanya, menalar, mencoba dan mengkomunikasikan. Siswa mengalami peningkatan skor nilai hasil belajar. Menunjukkan interaksi, yang semula pasif menjadi lebih aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Sari, Dwi Yunitanim1710156017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorOctavianingrum, Dillanidn0008109103
ContributorDjatmiko, Gandungnidn0004116108
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: saintifik, tari, pembelajaran tari
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Dwi Yunita Sari
Date Deposited: 27 Aug 2022 17:26
Last Modified: 27 Aug 2022 17:26
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12512

Actions (login required)

View Item View Item