Direct Learning dalam Pembelajaran Paduan Suara di SMAK Santu Stefanus Ketang Nusa Tenggara Timur

Tenkudi, Martina (2022) Direct Learning dalam Pembelajaran Paduan Suara di SMAK Santu Stefanus Ketang Nusa Tenggara Timur. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Martina Antonia Y. Tenkudi_2022_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Martina Antonia Y. Tenkudi_2022_Bab 1.pdf

Download (482kB)
[img] Text
Martina Antonia Y. Tenkudi_2022_Penutup.pdf

Download (312kB)
[img] Text
Martina Antonia Y. Tenkudi_2022_Naskah Publikasi.pdf

Download (407kB)
[img] Text
Martina Antonia Y. Tenkudi_2022_Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (58kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler paduan suara aktif dilakukan di SMAK Santu Stefanus Ketang NTT untuk membantu kelancaran proses ibadah umat katolik sehingga sering mengikuti festival keagamaan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Direct Learning yang digunakan oleh guru dalam kegiatan ekstrakurikuler paduan suara di SMAK Santu Stefanus Ketang NTT. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah pembelajaran paduan suara di SMAK Santu Stefanus Ketang NTT, sedangkan subjek penelitian ini adalah guru paduan suara dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validasi data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui tahapan yaitu pengumpulan data, memadatkan data, menampilkan data, dan menarik verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran paduan suara menggunakan model Direct Learning dengan lima tahapan yaitu presentasi, orientasi, latihan terstruktur, terbimbing dan mandiri terlaksana dengan baik. Hal tersebut dilihat dari peserta didik yang dapat bernyanyi dengan teknik vokal yang baik dan benar serta terbukti dari prestasi peserta didik dalam berbagai kejuaraan perlombaan paduan suara. Penggunaan model Direct Learning tersebut sudah tepat untuk pembelajaran teknik vokal dalam ekstrakurikuler paduan suara karena peserta didik dapat menerapkan materi yang disampaikan dengan baik. Kata Kunci: Paduan Suara, Direct Learning, Teknik Vokal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Tenkudi, Martina1810188017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDOctavianingrum, Dillanidn0008109103
UNSPECIFIEDIndrawati, Antonianidn0027016306
Department: KODEPRODI002005#Pendidikan Seni Pertunjukan
Uncontrolled Keywords: Direct Learning, Paduan Suara, Teknik Vokal
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Martina Antonia Yatinsi Tenkudi
Date Deposited: 15 Feb 2023 01:28
Last Modified: 15 Feb 2023 01:28
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13397

Actions (login required)

View Item View Item