Jeannifer, Veronica (2022) Metode Self Directed Learning Pada Pembelajaran Musik Angklung Di SMP Negeri 2 Kretek Bantul. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Veronica Jeannifer Febriani Suciadi_2022_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
Veronica Jeannifer Febriani Suciadi_2022_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Veronica Jeannifer Febriani Suciadi_2022_BAB PENUTUP.pdf Download (697kB) |
|
Text
Veronica Jeannifer Febriani Suciadi_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (489kB) |
|
Text
Veronica Jeannifer Febriani Suciadi_2022_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Veronica jennifer_2022_Surat Persetujuan Publikasi.pdf Download (527kB) |
Abstract
roses pendidikan merupakan interaksi antara pendidik dan peserta didik idealnya saling membangun dan dapat memperkuat penyerapan materi bagi peserta didik. Partisipasi peserta didik dan pendidik di kelas sangat penting, maka peserta didik semestinya memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap materi pembelajaran. Oleh karena itu, penulis akan mengangkat metode self directed learning dikarenakan partisipasi, keaktifan, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab sebagai pelajar sangat dibutuhkan dari tingkat pendidikan. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan penerapan metode self directed learning pada pembelajaran musik angklung di SMP Negeri 2 Kretek Bantul. Penelitian ini menggunakan metode naratif jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif mengumpulkan data dengan memahami fenomena mengenai pengalaman subjek penelitian secara menyeluruh dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses validasi data menggunakan metode triangulasi teknik dengan membandingkan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi pendidik dengan kenyataan proses pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran seni musik menggunakan metode self directed learning dari pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga membuat peserta didik lebih antusias dalam proses belajar mengajar. Metode self directed learning juga berdampak positif pada pola pikir dan cara mengajar pendidik seni budaya. Disimpulkan pembelajaran musik angklung menggunakan metode self directed learning dapat meningkatkan kreativitas dan keaktifan dari peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209#PENDIDIKANSENIPERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | metode self directed learning, pembelajaran seni musik, pendidikan seni musik, musik angklung. | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | Veronica Jeannifer Febriani Suciadi | |||||||||
Date Deposited: | 23 Feb 2023 02:18 | |||||||||
Last Modified: | 23 Feb 2023 02:18 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13628 |
Actions (login required)
View Item |