Saness Tikarani Ginting, Trifena (2020) Strategi Pembelajaran Paduan Suara Unit Kegiatan Mahasiswa Vocalista Harmonic Choir Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
TRIFENA SANESS TIKARANI GINTING_2020_Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
TRIFENA SANESS TIKARANI GINTING_2020_Bab I.pdf Download (1MB) |
|
Text
TRIFENA SANESS TIKARANI GINTING_2020_Bab V.pdf Download (772kB) |
|
Text
TRIFENA SANESS TIKARANI GINTING_2020_NASKAH PUBLIKASI ILMIAH.pdf Download (1MB) |
|
Text
TRIFENA SANESS TIKARANI GINTING_2020_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (884kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini adalah strategi pembelajaran yang diterapkan VHC berhasil mencapai berbagai prestasi dalam lomba paduan suara antara lain pada tahun 2018 memperoleh tiga Medali Emas Kategori Folklore, Mix dan Religiosa dalam Lomba Singapore International Festival Choir (SICF), serta berhak menjadi salah satu finalis Asia Choral Grand Prix (ACGP) pada tahun 2019 di Filipina. ACGP merupakan sebuah capaian festival paduan suara tingkat tertinggi di Asia, dan hanya di ikuti oleh paduan suara yang mendapat peringkat 1 dalam festival paduan suara di SICF (Singapore), BICF (Bali) dan AOV (Manila). Pentingnya strategi pembelajaran dalam paduan suara memunculkan banyak penelitian untuk menemukan metode yang tepat dalam mencapai prestasi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi pembelajaran paduan suara Unit Kegiatan Mahasiswa Vocalista Harmonic Choir. Deskripsi mencakup cara menyusun materi ajarnya atau strategi yang diterapkan dalam proses pembelajarannya, media yang digunakan, cara mengelola kelas, dan cara melakukan penilaian. Metode penelitian yang digunakan adalah deskrpitif kualitatif. Metode penelitian deskriptif kualitatif adalah metode penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu fenomena apa adanya berdasarkan data kualitatif atau data yang berwujud narasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi pustaka, dan studi dokumen, sedangkan teknik validasi datanya menggunakan triangulasi data. Analisis datanya melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran paduan suara yang dilakukan sebagai program rutin tahunan di Vocalista Harmonic Choir meliputi, open recruitment, kemah musikal, resital, dan kompetisi nasional maupun internasional. Open recruitment adalah tahap mencari anggota yang mempunyai kemampuan bermain musik, bekal dari masing-masing anggota kemudian diperkaya dalam kemah musikal yang materinya pengetahuan musik dasar yang disampaikan menggunakan permainan agar menarik, kemampuan tersebut selanjutnya diujicobakan pada resital nonmusikal, konser tahunan, dan persiapan kompetisi. Pembelajaran menggunakan media konvensional dan benda-benda di sekitarnya, sedangkan penilaiannya dilakukan secara bertingkat, mulai dari penerimaan anggota baru, kemah musikal, resital, dan kompetisi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Paduan Suara, Vocalista Harmonic Choir | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | jody JS Santoso | |||||||||
Date Deposited: | 05 Jul 2023 01:40 | |||||||||
Last Modified: | 05 Jul 2023 01:40 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14290 |
Actions (login required)
View Item |