Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Aspek Kognitif Materi Bernyanyi Vokal Solo di SMP Negeri 14 Yogyakarta

Ilham Ramadhan, Mohammad (2023) Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Aspek Kognitif Materi Bernyanyi Vokal Solo di SMP Negeri 14 Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Mohammad Ilham Ramadhan_2023_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
Mohammad Ilham Ramadhan_2023_BAB I.pdf

Download (778kB)
[img] Text
Mohammad Ilham Ramadhan_2023_BAB PENUTUP.pdf

Download (450kB)
[img] Text
Mohammad Ilham Ramadhan_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku yang menyangkut afektif, kognitif, dan psikomotorik. Pendekatan saintifik memiliki tahapan yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi dan mengkomunikasikan. Pentingnya suatu pendekatan yang berpusat pada peserta didik dan menekankan pada kemampuan berpikir untuk meningkatkan hasil belajar pada aspek kognitif materi seni budaya (musik). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap aspek kognitif materi bernyanyi vokal solo. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 14 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah One Grup Pretest-posttest Design. Berdasarkan permasalahan penelitian terdapat hipotesis penelitian (Ha) yaitu yaitu terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar materi vokal solo secara signifikan pada siswa kelas IX di SMP Negeri 14 Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling dengan jumlah sebanyak 57 sampel. Instrumen penelitian merupakan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji t berpasangan (Paired t-test). Hasil analisis uji-t berpasangan (Paired uji-t) mendapatkan nilai t hitung > t tabel (12,54 > 2,00) dan perolehan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga Ha diterima. Hasil perolehan pretest dan posttest menunjukkan kenaikan rata-rata nilai sebesar 41.3%. Berdasarkan hasil analisis tersebut pendekatan saintifik berpengaruh terhadap aspek kognitif materi bernyanyi vokal solo di SMP Negeri 14 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Ilham Ramadhan, Mohammadnim1910245017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorPermata Heldisari, Hananidn0029059003
ContributorNendra Pratama, Ujangnidn0508029101
Department: KODEPRODI889209#PENDIDIKANSENIPERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Aspek Kognitif & Pendekatan saintifik
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Mohammad Ilham Ramadhan
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:04
Last Modified: 28 Jul 2023 01:04
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14421

Actions (login required)

View Item View Item